Angket DPR Pemilu Curang Bisa Berjalan Bila Parpol Koalisi Capres Nomor 1 dan 3 Solid

Minggu, 25 Februari 2024 - 07:34 WIB
loading...
Angket DPR Pemilu Curang Bisa Berjalan Bila Parpol Koalisi Capres Nomor 1 dan 3 Solid
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menyebut hak angket DPR soal pemilu curang bisa berjalan jika parpol koalisi capres nomor urut 1 dan 3 solid. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menyambut positif sikap koalisi partai pendukung paslon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), yang mendukung hak angket DPR untuk menyelidiki kejanggalan Pemilu 2024.

Sebab angket DPR terkait kecurangan pemilu ini bisa berjalan mulus bila partai pengusung AMIN dengan partai pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bersatu menggulirkan hak istimewa parlemen tersebut.

"Memang kalau ini dihitung di atas kertas dan solid, PDIP, PPP, Nasdem, PKB dan PKS tentunya hak angket ini sangat bisa untuk bergulir tanpa ada masalah apa pun," ucap Chico, Sabtu (24/2/2024).



Chico mengatakan, pihaknya telah menyepakati akan menempuh segala cara apa pun untuk membongkar dugaan kecurangan Pemilu 2014. Salah satu cara yang ditempuh yakni hak angket DPR dan mengajukan gugatan perselisihan pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita tinggal menunggu momen yang tepat setelah bukti-bukti dan segala macam hal yang diperlukan, dokumen maupun strategi-strategi ke depan disiapkan secara maksimal hingga nanti pada waktunya akan kita jalankan semua yang sudah menjadi rencana kita," tandasnya.



Sebelumnya, Koalisi Perubahan yang merupakan pengusung Anies-Muhaimin, mendukung wacana capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo terkait penggunaan hak angket DPR RI untuk menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024.

Sikap itu diputuskan setelah para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Koalisi Perubahan melangsungkan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis,12 Februari 2024.

Adapun ketiga elite petinggi parpol yang bertemu itu ialah Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan Sekjen PKS Aboe Bakal Alhabsyi.

Setelah pertemuan, Hermawi mengatakan, pihaknya memiliki kesamaan semangat dengan Anies Baswedan yang mendukung sikap Ganjar agar DPR RI menggunakan hak angket.

"Kita juga berbicara tentang kemungkinan penggunaan hak angket yang diinisiasi oleh pak Ganjar Pranowo. Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, 3 partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies. Kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket," kata Hermawi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)