TPN: Hak Angket DPR Jalur Konstitusional Bongkar Kecurangan Pemilu 2024

Jum'at, 23 Februari 2024 - 08:58 WIB
loading...
TPN: Hak Angket DPR Jalur Konstitusional Bongkar Kecurangan Pemilu 2024
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim (dua dari kiri) nenilai langkah pengajuan hak angket DPR efektif untuk membongkar segala kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional ( TPN) Ganjar-Mahfud , Chico Hakim menilai langkah pengajuan hak angket DPR efektif untuk membongkar segala kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. Menurutnya, hak angket merupakan suatu jalur konstutusional untui menyelidiki pemerintah dan penyelanggara pemilu terkait duhaan pelanggaran pemilu.

"Tentu ini adalah suatu kanal, salah satu jalur yang bisa ditempuh untuk menelusuri dan menginvestigasi atau menyelidiki pelanggaran yang telah dilakukan oleh pemerintah maupun penyelenggara pemilu terkait dengan pelanggaran pemilu dan terkait dengan pelaksanaan UU," kata Chico saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

Chico mempersilakan publik untuk melihat efektivitas angket DPR setelah berproses. Hanya, ia menekankan agar angket DPR ini harus bergulir lebih dulu di Parlemen.



"Soal efektif atau tidaknya ini kan tergantung dari prosesnya. Yang penting satu per satu dulu kita jalani, yaitu proses untuk mengajukan hak angket ini," ucap Chico.

Seiring dengan itu, Chico berkata, pihaknya juga akan menempuh jalur hukum guna membuktikan adanya kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. "Kita juga sembari melakukan apa-apa yang terkait dengan UU Pemilu seperti melaporkan ke Bawaslu kemarin dan juga bersengketa nanti di MK," tandasnya.

Untuk diketahui, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo telah mengusulkan penggunaan hak angket DPR guna menyelidiki segala kejanggalan dalam Pemilu 2024. Wacana itu, mendapat respons positif dari paslon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Bahkan, Koalisi Perubahan yang merupakan pengusung Anies-Muhaimin, juga mendukung wacana Ganjar yang menggulirkan penggunaan hak angket DPR untuk menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024.



Sikap itu diputuskan setelah para sekretaris jenderal (sekjen) parpol Koalisi Perubahan melangsungkan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (12/2/2024). Mereka adalah Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan Sekjen PKS Aboe Bakal Alhabsyi.

Setelah pertemuan, Hermawi berkata, pihaknya memiliki kesamaan semangat dengan Anies Baswedan yang mendukung sikap Ganjar agar DPR RI menggunakan hak angket.

"Kita juga berbicara tentang kemungkinan penggunaan hak angket yang diinisiasi oleh Pak Ganjar Pranowo. Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, 3 partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies. Kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket," kata Hermawi saat jumpa pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)