Jabat Plt Kepala LAN, Ini Profil Muhammad Taufiq

Kamis, 22 Februari 2024 - 20:04 WIB
loading...
Jabat Plt Kepala LAN, Ini Profil Muhammad Taufiq
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyerahkan tugas Muhammad Taufiq sebagai Plt Kepala LAN sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif Kepala LAN. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LAN sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif Kepala LAN.

Hal ini berdasarkan putusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 7/TPA Tahun 2024 tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara, Kamis (22/2/2024).

Berikut profil Muhammad Taufiq, yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Plt Kepala LAN, menggantikan Kepala LAN terdahulu Adi Suryanto yang wafat pada 15 Desember 2023.

Muhammad Taufiq, merupakan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN. Sebelum menjabat dalam jabatan tersebut, Muhammad Taufiq menjabat sebagai Deputi Bidang Kajian Kebijakan LAN (2016-2018), Kepala Pusat Kajian Reformasi Administrasi LAN (2014-2016), Kepala Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN (2013-2014), dan Pembantu Ketua I Bidang Akademik pada STIA LAN Jakarta (2007-2011).

Memiliki gelar Doktor Ilmu Politik dari Institut d’Etudes Politiques de Bordeaux, Perancis, tahun 2005 dan Master Ilmu Politik dari Universitas yang sama dengan gelar doktornya di Institut d’Etudes Politiques de Bordeaux, Perancis, tahun 1998 dan memperoleh gelar sarjana Hubungan Internasional tahun 1992 dari Universitas Negeri Jember.

Muhammad Taufiq juga mempunyai pengalaman pekerjaan dalam berbagai bidang dan lembaga. Sejak 2009 hingga 2012, pernah menjabat sebagai penasihat untuk Ministry of State Administration and Territorial Management Timor Leste dalam mempersiapkan kebijakan Reformasi Sektor Publik.

Selain itu, pernah menjadi team leader untuk berbagai program dari GIZ, AusAid untuk pengembangan kapasitas untuk aparatur di bagian timur Indonesia dan pemerintah daerah Indonesia dalam bidang pengembangan ekonomi lokal, organisasi dan pengembangan serta manajemen sumber daya manusia, akuntabilitas dan manajemen kinerja.

Muhammad Taufiq juga aktif menjadi narasumber dalam banyak seminar, lokakarya, dan pelatihan di bidang reformasi birokrasi serta manajemen perubahan dan kapasitas kepemimpinan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas berharap, agar LAN mampu mempercepat transformasi dan pemikiran inovatif (out of the box) untuk menjalankan tugas dan fungsinya khususnya terkait dengan pengembangan kompetensi ASN sebagaimana telah dimandatkan oleh Presiden.

Untuk itu, LAN sebagai pembina pengembangan kompetensi ASN harus menciptakan pembelajaran yang inovatif guna memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi ASN.

"Terlebih pascaterbitnya UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, peran LAN menjadi sangat strategis untuk mengembangkan kompetensi ASN yang meliputi PNS dan PPPK," tegas Menteri PANRB.

"Oleh karenanya dibutuhkan pembelajaran pola baru yang mengedepankan perkembangan teknologi serta mampu mengidentifikasi kebutuhan pegawai milenial. Ke depan, saya berharap, melalui pembelajaran yang inovatif, LAN mampu menciptakan ASN yang profesional dan berkelas dunia," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)