Tak Kunjung Umumkan Nama Cawapres, Jokowi Dinilai Kurang Pede

Selasa, 31 Juli 2018 - 14:55 WIB
Tak Kunjung Umumkan Nama Cawapres, Jokowi Dinilai Kurang Pede
Tak Kunjung Umumkan Nama Cawapres, Jokowi Dinilai Kurang Pede
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al-Jufri menyinggung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hingga saat ini belum mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

Sebagai calon presiden petahana, Salim mengatakan, Jokowi seharusnya sudah mengumumkan cawapres.

Merujuk pada pemilu 2009, Salim menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu menjadi capres petahana, nama cawapres telah diumumkan jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran dibuka.

"Ya mestinya, kebiasannya petahana duluan, incumbent duluan. Kalo kita lihat polanya di Indonesia incumbent duluan. Karena incumbent kan berkuasa, punya akses segala macam. Rasa pede-nya tinggi gitu ya," kata Salim saat dihubungi, Selasa (31/7/2018).

"Pak SBY dulu waktu pemilihan presiden keduakalinya, malah satu bulan sebelumnya mendeklarasikan. Tapi sekarang, mau dari daftar yang ada kayaknya belum ada tanda-tanda," imbuh salim.

Salim menegaskan, pengumuman pasangan capres dan cawapres yang disusung PKS akan dilakukan dalam waktu dekat. Pengumuman bahkan tidak akan menunggu kubu Jokowi mendeklarasikan pasangan cawapresnya.

"Kalau kami sih engga tergantung mereka. Mereka kayaknya yang tergantung kita," ucap Salim.

Salim menilai, tak kunjung diumumkannya cawapres kubu petahana menunjukkan indikasi Jokowi sedang kurang percaya diri lantaran elektabilitasnya belum berada di titik aman.

"Itu fenomena ketidakpercayaan diri dan fenomena bahwa elektabilitasnya jeblok," ucap Salim.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4982 seconds (0.1#10.140)