KORAN SINDO Gelar Apresiasi Inovasi, 18 Perusahaan Jadi Nominator

Senin, 30 Juli 2018 - 17:38 WIB
KORAN SINDO Gelar Apresiasi Inovasi, 18 Perusahaan Jadi Nominator
KORAN SINDO Gelar Apresiasi Inovasi, 18 Perusahaan Jadi Nominator
A A A
JAKARTA - KORAN SINDO kembali menyelenggarakan Apresiasi Inovasi untuk yang kedua kalinya. Mengangkat tema Sinergi dan Kolaborasi, KORAN SINDO membidik perusahaan-perusahaan yang sukses mencetak inovasi. Sebanyak 18 perusahaan sebagai nominator penerima apresiasi. Acara digelar di Hotel Westin, Jakarta, Senin (30/7/2018) malam.

Apresiasi ini perlu diberikan karena di era kompetitif seperti sekarang ini, inovasi menjadi syarat untuk menjadi yang terdepan. Apalagi tidak mudah untuk mencetak inovasi yang mumpuni. Ide yang cemerlang ditambah eksekusi yang tepat menjadi sebuah keharusan. Menyadari bahwa menciptakan sebuah inovasi adalah bukan pekerjaan mudah, maka semua perusahaan yang mampu menciptakan inovasi layak untuk mendapat apresiasi.

Apresiasi ini diberikan setelah melalui beberapa tahapan. Dimulai dengan monitoring dan inventarisasi data yang dilakukan oleh tim dari divisi penelitian dan pengembangan KORAN SINDO selama satu tahun terakhir terhadap inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh berbagai perusahaan. Hasil monitoring tersebut kemudian dipilah sehingga mengerucut pada beberapa perusahaan.

Penilaian dilakukan terhadap inovasi dalam berbagai bidang yakni produk dan teknologi, pelayanan dan pemasaran, CSR, serta sumber daya manusia. Penilaian terhadap inovasi dilakukan dengan mengacu pada indikator umum dan khusus:

Indikator umum meliputi original (inovasi yang lahir dari ide perusahaan, bukan sekadar mengadopsi dari pihak lain), acceptance (inovasi diterima dengan baik target yang telah ditetapkan), dan relevance (inovasi yang dilahirkan relevan dengan target konsumen dan kebutuhan konsumen. Kemudian sustainability (diterapkan secara konsisten dan bervisi jangka panjang dan big impact (memberikan dampak positif secara maksimal bagi konsumen).

Indikator khusus meliputi inovasi pelayanan dan pemasaran, SDM, CSR, serta produk dan teknologi. Inovasi pelayanan dan pemasaran meliputi realible (kemampuan melaksanakan layanan yang dijanjikan kepada konsumen secara meyakinkan dan akurat), responsiveness (kesediaan membantu pelanggan dan memberikan respon secara cepat), assurance (pengetahuan, kemampuan dan sikap perusahaan dalam menumbuhkan rasa percaya dan keyakinan konsumen terhadap produk), dan emphaty (kesediaan memberikan perhatian yang mendalam dan khusus kepada masing-masing pelanggan).

SDM meliputi kepemimpinan yang menciptakan kehendak berinovasi dalam lingkungan perusahaan dan struktur organisasi yang fleksibel. Kemudian, struktur organisasi yang potensial untuk mendorong inovasi dan aktivitas pembentukan karakter individu. Aktif mengadakan pelatihan-pelatihan sebagai upaya membentuk individu yang kreatif, mendorong kerjasama tim dalam upaya penciptaan inovasi, dan keterlibatan semua pihak dalam perusahaan untuk mendorong inovasi

Selanjutnya iklim inovatif yakni sikap pimpinan terhadap lingkungan serta kemampuan menciptakan iklim kreatif dengan menghargai kreativitas dan penghargaan terhadap karyawan-karyawan berpotensi.

Untuk CSR penilaian meliputi tata kelola organisasi (sistem pengambilan dan penerapan keputusan CSR dalam perusahaan). Hak asasi manusia (memasukkan unsur HAM dalam semua kegiatan CSR), dan praktik ketenagakerjaan (segala kebijakan dan praktik yang terkait dengan program CSR turut berdampak pada internal perusahaan)

Kemudian lingkungan (dampak keputusan dan kegiatan CSR perusahaan terhadap lingkungan), prosedur operasi yang wajar (perilaku organisasi saat berhubungan dengan organisasi dan individu lain), serta community involvement and development (hubungan organisasi dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi CSR).

Di bagian produk dan teknologi meliputi inovasi yang merangsang munculnya penelitian, pengembangan dan perancangan produk, layanan atau teknik baru, atau untuk memperbaiki produk yang ada, dan menghasilkan pengetahuan. Kemudian, teknologi baru, inovasi IT bisa diterapkan secara efektif untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dan mendorong perubahan kehidupan (konsumen/masyarakat) menjadi lebih efektif, efisien, serta tepat guna.

Setelah melalui tahap pemilahan, terpilihlah 18 perusahaan sebagai nominator penerima apresiasi. Para nominator tersebut kemudian diminta untuk menjalankan tahap selanjutnya yaitu validasi data di hadapan para juri yang terdiri dari Head of Reseach Center and Case Clearing House (RC-CCH) PPM School Of Management, Wahyu T Setyobudi, Lektor Kepala (Associate Professor) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) Budi Frensidy, dan Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Pung Purwanto.
(tjs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1703 seconds (0.1#10.140)