JK Sebut Pemilu di Indonesia Paling Rumit Sedunia

Rabu, 14 Februari 2024 - 12:22 WIB
loading...
JK Sebut Pemilu di Indonesia Paling Rumit Sedunia
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menggunakan hak suaranya di TPS 03 SMA Pangudi Luhur pada Rabu (14/2/2024) pagi. Foto/MPI/carlos roy fajarta
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyebut pemilihan umum (pemilu) di Indonesia termasuk pemilu paling rumit sedunia. Hal tersebut disampaikan JK seusai menggunakan hak suaranya di TPS 03 SMA Pangudi Luhur pada Rabu (14/2/2024)

"Tim penyelenggara pemilu kita kerap mendapat komentar iya karena rumitnya. Pemilu Indonesia termasuk yang terumit di dunia. Empat (surat suara) kalau di Jakarta, kalau di daerah lima," ujar Jusuf Kalla.

Apalagi dalam memilih anggota legislatif baik di tingkat DPR RI, kemudian DPRD Provinsi hingga Kabupaten Kota akan membuat tugas penyelenggara pemilu lebih berat. "Tapi dengan partai banyak, kemudian nama caleg juga kita pilih, itu susah sekali, kita mendoakan agar KPPS ini sehat-sehat," kata Jusuf Kalla.



Sebagaimana diketahui sebelumnya, suasana Imlek dengan dekorasi lampion berwarna merah dan ornamen barongsai menghiasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03, RW 02, Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan pada Rabu (14/2/2024) pagi.

Di tempat inilah JK menggunakan hak suaranya di Pemilu serentak (Pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota) 2024.



Kondisi cuaca yang hujan membuat lokasi TPS yang tadinya direncanakan di halaman dibuat di lobi pintu masuk SMA Pangudi Luhur tersebut.

Menurut hasil pengamatan MNC Portal di lokasi tampak sejumlah warga sekitar sudah mulai melakukan pencoblosan di TPS 03 tersebut sejak Pukul 07.45 WIB.

Sedangkan petugas TPS di tempat JK akan mencoblos tampak menggunakan seragam kemeja garis-garis dengan warna coklat tua. Terdapat empat bilik TPS disiapkan petugas di lokasi TPS 03 SMA Pangudi Luhur.

Sedangkan jumlah kotak suara yang disiapkan untuk dimasukkan kertas suara ada empat kotak suara yakni Presiden dan Wakil Presiden (abu-abu), DPD RI (merah), DPR RI (kuning), dan DPRD Kabupaten Kota (biru).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)