Radio Siaran Bagaikan Benalu

Selasa, 13 Februari 2024 - 07:59 WIB
loading...
Radio Siaran Bagaikan Benalu
Foto: Istimewa
A A A
RADIO siaran itu ibarat benalu. Sifat benalu adalah menempel di banyak pohon untuk tetap hidup. Radio siaran juga sama, menempel di player kaset, mobil, pesawat televisi dan sekarang memanfaatkan internet dalam bentuk radio streaming. Itu sebab UNESCO percaya radio siaran tetap hidup dan menjadikan tanggal 13 Februari sejak 2011 sebagai Hari Radio Sedunia.

baca juga: MNC Radio Gelar Sharing Session di MNC University, Kenalkan Radio kepada Kaum Muda

Ketika televisi hadir banyak orang meramal radio siaran akan mati. Ternyata tidak. Radio tetap beriringan dengan televisi dengan damai. Contohnya, Stasiun TVRI memanfaatkan penyiar RRI, Sazli Rais dan Hasan Ashari Oramahi sebagai pembaca berita.

Ketika muncul pita kaset kembali radio siaran diramal akan mati karena orang memilih putar kaset saja, tidak lagi mendengarkan lagu lewat radio. Dengan karakternya radio siaran menempel di player kaset dan diterima, ditandai dengan munculnya istilah Radio Kaset. Yaitu pesawat pemutar pita kaset sekaligus penerima siaran radio. Perusahaan rekaman tetap mengirimkan contoh rekaman penyanyi barunya ke radio siaran. Tujuannya, agar penyanyinya terkenal dan masyarakat beli kaset rekaman penyanyi tersebut.

Masa berganti, muncul rekaman dalam bentuk kepingan CD (compact disk). Tetap radio siaran tidak mati. Saat itu penerima siaran radio di mobil juga terus berubah bentuk mengikuti perkembangan. Radio penerima siaran di mobil dilengkapi pemutar CD. Perusahaan rekaman juga masih mengirimkan CD contoh rekaman terbaru artisnya ke stasiun radio seperti sebelumnya.

baca juga: Dukungan Ratusan Musisi Indonesia, V Radio dan Global Radio Konsisten Gelar Musikustik di Anjungan Sarinah

Munculnya internet kembali radio siaran menunjukan kemampuannya beradaptasi. Radio siaran meyusup ke dalam jaringan internet menciptakan saluran tambahan, selain frequency. Masyarakat bisa memilih mendengarkan siaran radio lewat pesawat analog atau internet di komputer.

Perkembangan internet hari ini luar biasa bagaikan jaring laba-laba menutup dunia. Maka stasiun siaran radio sepenuhnya dapat memanfaatkan internet dalam bentuk radio streaming. Contohnya, Radio Pensiunan yang dapat didengar melalui website-nya atau aplikasi di android dan ios tanpa pemancar analog.

Radio Streaming

Ada yang bilang radio siaran hari ini sudah mulai tenggelam (sunset). Benarkah anggapan itu? Mungkin benar tetapi bisa juga tidak benar. Jika yang mengatakan hal itu bukan orang yang berkecimpung di radio bisa dimengerti. Tetapi jika “orang radio” sepakat terhadap kondisi tersebut maka dipastikan dialah yang menyebabkan radio siaran tenggelam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)