Prabowo Tak Hadiri Deklarasi Kemerdekaan Pers, Ini Kata TKN

Sabtu, 10 Februari 2024 - 23:36 WIB
loading...
Prabowo Tak Hadiri Deklarasi Kemerdekaan Pers, Ini Kata TKN
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani memberikan keterangan pers usai deklarasi kemerdekaan pers yang digelar Dewan Pers pada hari terakhir masa kampanye Pemilu Serentak 2024, Sabtu (10/2/2024) malam. FOTO/MPI/M FARHAN
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto tidak menghadiri deklarasi kemerdekaan pers yang digelar Dewan Pers pada hari terakhir masa kampanye Pemilu Serentak 2024, Sabtu (10/2/2024). Prabowo tidak hadir baik secara langsung maupun virtual, sehingga diwakili oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani dan jajarannya.

Ketika ditanya alasan Prabowo yang tidak hadir, Rosan Roeslani enggan berkomentar lebih lanjut. Dia hanya menjelaskan pesan titipan Prabowo yang tengah menggelar acara kampanye akbar di Stadion utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (10/2/2024).

"Tanpa mengurangi rasa hormat, Pak Prabowo tidak bisa hadir pada malam hari ini tapi beliau sangat menjunjung kebebasan pers karena kita adalah negara demokrasi yang besar di dunia," kata Rosan Roeslani saat memberikan keterangan pers selesai acara.



Selepas memberikan keterangan, moderator mempersilakan kepada awak media untuk bertanya. Rosan Roeslani sempat menunjukkan gelagat hendak meninggalkan lokasi acara tapi kemudian ditahan oleh panitia karena ada pertanyaan.

Saat ditanya perihal alasan Prabowo Subianto yang tidak hadir, Rosan hanya menjawab pesan yang dititipkan kepadanya. "Semua orang bisa jadi wartawan, tapi tentunya kebebasan pers ini harus kita jalankan dengan mempunyai tanggung jawab karena di saat bersamaan kita juga harus memberikan edukasi publik dengan memberikan informasi yang baik dan benar," katanya.

Rosan menjelaskan TKN Prabowo-Gibran memandang banyaknya pemberitaan hoaks atau tidak benar yang berseliweran di publik. Karena itu, Rosan menyampaikan itu sebagai hal yang negatif.



"Karena kita ketahui pada saat sekarang banyak sekali berita-berita yang salah, yang tidak benar, hoaks, itu adalah hal yang sangat ngeatif dalam edukasi masyarakat Indonesia secara keseluruhan," ujarnya.

Selepas menjawab pertanyaan, Rosan langsung meninggalkan lokasi. Sejumlah awak media meminta penegasan perihal alasan ketidakhadiran Prabowo tapi tidak ditanggapi Rosan Roeslani.

Untuk diketahui, Dewan Pers menggelar Deklarasi Kemerdekaan Pers di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024) malam. Capres pertama yang datang adalah Anies Baswedan di lokasi, sedangkan Ganjar Pranowo yang baru saja melangsungkan kampanye di Semarang, hadir secara daring virtual.

Dalam deklarasi kemerdekaan pers tersebut, tampak yang hadir hanya tim pemenangan masing-masing capres di lokasi. Hanya Anies Baswedan yang ditemani juru bicaranya, Sudirman Said hadir secara langsung ke acara tersebut.

Acara tersebut digelar oleh Dewan Pers dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai, aman, dan sejuk. Tak hanya itu, acara ini juga digelar untuk memperingati Hari Pers sekaligus sebagai bukti atau komitmen para paslon untuk mendukung kemerdekaan pers di Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)