4 Perbedaan Kopassus Grup 1, Grup 2, dan Grup 3: dari Pembentukan, Peran, hingga Anggota

Kamis, 08 Februari 2024 - 11:48 WIB
loading...
4 Perbedaan Kopassus Grup 1, Grup 2, dan Grup 3: dari Pembentukan, Peran, hingga Anggota
Kopassus Grup 1, Grup 2, dan Grup 3 memiliki sejumlah perbedaan. Masing-masing grup memiliki peran dan anggota yang dibentuk untuk mencapai tujuan Kopassus itu sendiri. FOTO/DOK.TNI
A A A
JAKARTA - Kopassus Grup 1, Grup 2, dan Grup 3 memiliki sejumlah perbedaan. Masing-masing grup memiliki peran dan anggota yang dibentuk untuk mencapai tujuan Kopassus itu sendiri.

Sebagai salah satu pasukan elite milik Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memiliki tugas yang berbeda dari pasukan reguler pada umumnya. Pasukan elite ini biasanya melakukan tugas penyusupan, pengintaian, penyerbuan, anti terorisme dan berbagai jenis perang nonkonvensional lainnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Kopassus membagi satuan mereka ke dalam tiga grup, yakni Grup 1, Grup 2, dan Grup 3. Lalu apa saja perbedaannya?



Berikut ini 4 Perbedaan Kopassus Grup 1, Grup 2 dan Grup 3

1. Tahun Pembentukan

Grup 1 Kopassus terbentuk pada 23 Maret 1963. Pembentukan Grup 1 Kopassus yang saat itu bernama RPKAD dipimpin oleh Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo dalam sebuah upacara di Lapangan IKADA sekarang Monas.

Sedangkan Grup 2 Kopassus terbentuk lebih dulu pada 1962. Pembentukan grup ini tidak lepas dari peristiwa bersejarah, saat negara menghadapi banyaknya pemberontakan bersenjata di antaranya DI/TII, Republik Maluku Selatan (RMS) di Ambon, kemudian PRRI/Permesta, Operasi Trikora di Irian Barat dan G30S/PKI.

Sedangkan Kopassus Grup 3 menjadi yang termuda, karena baru didirikan pada 24 Juli 1967. Grup ini biasa disebut Sandi Yudha yang memiliki spesialisasi intelijen.

2. Lokasi Markas

Markas Grup 1 Kopassus awalnya berada di Cijantung, Jakarta Timur. Namun karena wilayah Cijantung diperkirakan bakal ramai dan padat, sehingga menyulitkan Kopassus melakukan latihan dan penempatan pasukan, akhirnya dipindah ke Serang, Banten.

Markas Grup 2 berada di Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sedangkan untuk markas grup 3 terletak di Mako Cijantung, Jakarta Timur.

3. Peran

Grup 1 dan Grup 2 memiliki peran yang sama, yakni Para Komando (Parako). Dalam penugasannya, mereka bisa diterjunkan di mana saja. Mulai dari operasi lintas udara, hingga penyerbuan amfibi dari laut.

Sedangkan untuk Grup 3/Sandhi Yudha memiliki peran untuk menjalankan tugas rahasia "Clandestine Operation", membuat mereka harus punya kemampuan dalam intelijen tempur atau combat intel,dan counter insurgency (kontra pemberontakan).

4. Anggota dan Jumlah Prajurit

Grup 1 membawahi 3.274 personel yang terbagi ke dalam empat Batalyon Tempur, yaitu:

- Batalyon 11/Atulo Sena Baladhika
- Batalyon 12/Asabha Sena Baladhika
- Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika
- Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)