Kritik Akademisi terhadap Jokowi, Uskup Agung Jakarta: Tak Didengarkan, Bahayanya Tumbang

Selasa, 06 Februari 2024 - 10:41 WIB
loading...
Kritik Akademisi terhadap Jokowi, Uskup Agung Jakarta: Tak Didengarkan, Bahayanya Tumbang
Uskup Agung Jakarta Romo Kardinal Ignatius Suharyo merespons sejumlah akademisi di berbagai kampus yang mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang Pemilu 2024. Foto: MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Uskup Agung Jakarta Romo Kardinal Ignatius Suharyo merespons sejumlah akademisi di berbagai kampus yang mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang Pemilu 2024. Dalam sejarah umat kristiani kerajaan disamakan dengan kekuasaan.

"Dalam sejarah itu selalu ada kerajaan. Dan kerajaan itu sama dengan kekuasaan. Kita semua tahu kekuasaan itu berbahaya kalau tidak dijalankan dengan baik," ujar Romo Ignatius di Graha Oikoumene, Salemba, Senin (5/2/2024).



Jika sang raja dinilai tidak bagus maka muncul nabi-nabi yang menyerukan keadilan. Hal itu sama dengan tindakan yang dilakukan akademisi Indonesia yang prihatin atas kondisi demokrasi Indonesia saat ini.

"Saya kira setiap zaman pasti seperti itu. Jadi kalau akademisi itu menyerukan seruan moral itu tanggung jawab mereka dan jelas ditujukan pada institusi yang memegang kekuasaan," katanya.

Dia berharap agar seruan tersebut dapat didengerkan karena jika tidak didengarkan akan menumbangkan pemimpin tersebut.

"Semoga seruan seperti itu didengarkan, harapannya itu. Nanti kalau tidak didengarkan ya dalam sejarah juga jelas. Ketika kekuasaan tidak mendengarkan kritik-kritik bahayanya adalah tumbang," ujar Romo Ignatius.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)