5 Fakta TNI Hancurkan Markas KKB Papua di Maybrat, Dipimpin oleh Letkol Petir

Selasa, 30 Januari 2024 - 18:37 WIB
loading...
5 Fakta TNI Hancurkan Markas KKB Papua di Maybrat, Dipimpin oleh Letkol Petir
Satgas Yonif 133/Yudha Sakti menguasai markas KKB teroris Kodap IV/Sorong Raya, pimpinan Manfred Fatem di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh, Kabupaten Maybrat - Papua Barat Daya. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lima fakta pasukan TNI hancurkan markas KKB Papua di Maybrat akan diulas di artikel ini. Salah satunya berhubungan dengan barang bukti yang ditemukan.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, Senin (29/1/2024), Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti telah berhasil menguasai markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Pimpinan kelompok ini diketahui bernama Manfred Fatem.

Lebih jauh, berikut ini sejumlah fakta TNI yang sukses hancurkan markas KKB Papua di Kabupaten Maybrat.


Fakta TNI Hancurkan Markas KKB di Maybrat

1. Kuasai Markas KST TPNPB Kodap IV/Sorong Raya

Pasukan TNI berhasil menguasai markas Kelompok Separatis Teroris Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KST TPNPB) Kodap IV/Sorong Raya. Sebagai informasi, kelompok kriminal bersenjata (KKB) ini diketahui sebagai gerakan pimpinan Manfred Fatem.

Adapun markas KKB pimpinan Manfred Fatem itu berada di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Pasukan TNI berhasil menguasai markas kelompok tersebut pada Kamis, (25/1/2024).

2. Dilakukan Satgas Yonif 133/Yudha Sakti

Aksi senyap penyerangan markas KKB pimpinan Manfred Fatem dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti. Komandan Satgas tersebut adalah Letkol Inf Andhika Ganessakti atau lebih akrab disapa Letkol Petir.

Pada aksinya, pasukan Satgas Yonif 133/YS membawa dua tim Mobile Sakti pimpinan Sertu Dega Jandri Folanda dan Serda Dimas Nuhali Pardosi.

3. Misi Sudah Berlangsung sejak Jauh Hari

Penguasaan markas KKB ini tidak terjadi secara instan. Selama berhari-hari sebelumnya, 2 Tim Mobile Sakti sudah melakukan patroli dan ambush di hutan Papua yang jarang dimasuki orang.

Lebih jauh, patroli dan ambush telah dilakukan sejak Minggu, (21/1/2024). Kendati pasukan KKB pimpinan Manfred Fatem berhasil lolos, namun markasnya sudah berhasil dikuasai dan dihancurkan.

4. Pengamanan Simpatisan KKB

Pasca penguasan markas KKB pimpinan Manfred Fatem, Satgas berhasil mengamankan dua oknum masyarakat yang diduga terlibat. Dalam hal ini, mereka diketahui sebagai simpatisan aktif kelompok tersebut.

Setelahnya, oknum tadi mengakui perbuatannya sebagai simpatisan KKB. Adapun tugasnya adalah sebagai pengantar logistik.

5. Kantongi Banyak Barang Bukti

Selain dua oknum masyarakat tersebut, Satgas berhasil menemukan berbagai bukti lain. Salah satunya adalah bendera bintang kejora sebanyak 1 helai.

Selain itu, masih ada beberapa barang bukti lain yang juga ditemukan. Di antaranya seperti amunisi kaliber 5,66 mm, teleskop, solarcell, senter, kartu KIS, charger HP, lensa kamera, ponsel, bahan makanan, obat-obatan hingga sejumlah busur dengan anak panah.

Itulah beberapa fakta terkait aksi TNI yang sukses hancurkan markas KKB Papua di Maybrat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2938 seconds (0.1#10.140)