Dana Abadi Kesejahteraan Ganjar-Mahfud Atasi Kemiskinan, Pendidikan, dan Kesehatan

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:01 WIB
loading...
Dana Abadi Kesejahteraan Ganjar-Mahfud Atasi Kemiskinan, Pendidikan, dan Kesehatan
Dana abadi kesejahteraan sosial capres cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai dapat mengatasi persoalan utama seperti kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Dana abadi kesejahteraan sosial capres cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai dapat mengatasi persoalan utama seperti kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.

Menurut Pengamat Sosial Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa, dana abadi kesejahteraan sosial adalah program yang mampu membaca perubahan dan tingkat kompleksitas masalah sosial.



"Soal dana abadi kesejahteraan sosial Ganjar-Mahfud ini terbilang program antisipatif dan prediktif terhadap situasi sekaligus kompleksitas masalah sosial hingga di masa mendatang," ujar Herry, Selasa (30/1/2024).

Dana abadi kesejahteraan sosial merupakan political budget yang mengintegrasikan solusi terhadap masalah sosial, pendidikan, dan kesehatan.

"Apalagi acapkali persoalan sosial menjadi trigger terhadap masalah pendidikan dan kesehatan," katanya.

Selain itu, dana abadi kesejahteraan sosial justru membantu pemerintah dan masyarakat memetakan persoalan dari sisi anggaran yang kemudian mengoperasionalkannya dalam bentuk program dan kebijakan nyata.

"Fakta sosiologisnya, masalah itu muncul begitu saja dengan tingkat kerumitan yang tidak bisa diprediksi. Adanya anggaran abadi setidaknya bisa menyelesaikannya," ujar Herry.

Di sisi lain, dia melihat Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, hingga bantuan pangan beras dari pemerintah selama ini masih harus dioptimalisasikan dengan anggaran mumpuni.

"PKH, sembako, dan bantuan beras masih harus dievaluasi. Adanya anggaran abadi sebagai opsi untuk memberikan perlindungan sosial yang lebih luas bagi masyarakat rentan dan miskin," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)