Resmikan Graha Utama Akmil, Jokowi Harap Hasilkan Prajurit Tangguh dan Profesional

Senin, 29 Januari 2024 - 17:47 WIB
loading...
Resmikan Graha Utama...
Presiden Jokowi meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAWA TIMUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Jokowi berharap adanya fasilitas tersebut dapat menghasilkan prajurit yang tangguh dan profesional.

"Saya harap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini, Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (29/1/2024).

Jokowi mengatakan lanskap ekonomi global dan politik global saat ini bergerak berubah. Disrupsi, juga melanda semua negara. Perubahan teknologi juga berubah begitu cepat saat ini. Maka dari itu, kata Jokowi, Akmil perlu dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi saat ini.



"Oleh sebab itu akademi militer juga sama, harus mampu dan mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi. Oleh sebab itu STEM dalam pembelajaran sangat diperlukan di militer. Science, techology, engineering, mathematic semuanya perlu dipelajari," kata Jokowi.



Menurut Jokowi, saat ini kapal ataupun pesawat dan kendaraan lainnya tanpa awak sudah biasa dijumpai. Termasuk peralatan militer seperti drone yang dipersenjatai dengan face recognition untuk bisa mengejar sasaran secara tepat dan akurat. Jokowi berharap pembangunan Graha Utama Akmil memberikan dorongan kepada para prajurit untuk belajar lebih baik lagi.

"Karena sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih dan semakin modern. Graha Utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer," ungkapnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)