Fortuga-ADPII Gelar Kompetisi Desain Produk Edukatif dan Inovatif

Jum'at, 11 Mei 2018 - 20:45 WIB
Fortuga-ADPII Gelar Kompetisi Desain Produk Edukatif dan Inovatif
Fortuga-ADPII Gelar Kompetisi Desain Produk Edukatif dan Inovatif
A A A
JAKARTA - Forum Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1973 (Fortuga) bekerja sama dengan Aliansi Desain Produk Industri Indonesia (ADPII), yaitu organisasi profesi desainer produk industri di Indonesia menggelar kompetisi desain produk untuk pertama kalinya dengan nama Waste Wise Design Competition 2018.

Kegiatan ini juga didukung Greeneration Indonesia, organisasi yang khususnya bergerak di bidang pengelolaan sampah perkotaan, dan pengelolaan kebersihan lingkungan hidup pada umumnya.

Waste Wise Design Competition untuk pertama kalinya hadir dengan tema Smart Products for WasteSolution (produk-produk cerdas untuk solusi limbah/sampah),“ kata Ketua Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) Dino Fabriant, di sela acara seminar Talkshow Seminar Fortuga Peduli Sampah di gedung Indonesia Design Development Centre (IDDC), Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Dino menjelaskan, kompetisi disain ini tidak hanya sebagai bentuk sosialisasi untuk membangun perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sampah. Namun juga merupakan upaya Fortuga dan ADPII dalam mendukung terciptanya solusi-solusi disain produk yang edukatif, inovatif, kreatif dan aplikatif, terkait permasalahan sampah dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan perumahan perkotaan.

Untuk memperingati 45 tahun keberadaannya, Fortuga mencanangkan gerakan Fortuga Peduli Sampah. Kegiatan ini dimaksudkan mendukung program Indonesia Bebas Sampah 2020.

“Kami menargetkan, maksimum dalam kurun lima tahun ke depan dan mendorong sistem tata kelola sampah rumah tangga menjadi lebih baik, lebih efektif dan effisien serta ramah manusia dan lingkungan,” kata Dino.

Dino menjelaskan, kegiatan Waste Wise Design Competition 2018 dilaksanakan bekerja sama dengan mahasiswa dan universitas, umum bahkan profesional. Kegiatan resmi dibuka dengan Talkshow Seminaryang dilaksanakan Jumat (11/5/2018). Kemudian dilanjutkan dengan seminar roadshow di beberapa kampus desain produk di Indonesia.

Para peserta akan memperebutkan hadiah senilai Rp75.000.000, berupa empat hadiah utama dan dukungan sebagian biaya pembuatan mockup/prototype, setelah melalui dua tahap seleksi. Selain itu, keempat pemenang akan diumumkan dalam acara Fortuga Day di Bandung yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 22 September 2018.

Adapun, Waste Wise Design Competition 2018 diketuai Arie Bastaman. Arie menjelaskan, ini merupakan salah satu kegiatan Fortuga Peduli Sampah bersama Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) sebagai salah satu pencapaian kegiatan jangka pendek, selain Zero Waste Event dan Akademi Bijak sampah.

Untuk Jangka Menengah Fortuga Peduli Sampah menargetkan untuk merumuskan policy notes, berupa advokasi kepada pemerintah mengenai strategi pengelolaan sampah yang terstruktur, massif, efektif, dan akuntabel.

Adapun dalam jangka panjang, Fortuga melalui kegiatan Fortuga Peduli Sampah menargetkan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya usia dini untuk mempunyai tanggung jawab dalam menangani sampah yang dihasilkannya dengan baik dan benar.

“Selain itu akan dibangun program Eco Ranger di beberapa wilayah destinasi wisata dengan tujuan meningkatkan kepedulian para wisatawan mengenai kebersihan di kawasan wisata terkait, melalui gerakan pemberdayaan komunitas lokal,” kata Arie. (nuriwan trihendrawan)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)