Ganjar Dorong KTP Sakti Atasi Masalah Pupuk bagi Petani di Magetan

Jum'at, 19 Januari 2024 - 07:09 WIB
loading...
Ganjar Dorong KTP Sakti Atasi Masalah Pupuk bagi Petani di Magetan
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mendorong program KTP Sakti sebagai salah satu upaya mengatasi masalah kelangkaan pupuk dan harga yang meroket bagi kalangan petani. Foto/MPI
A A A
MAGETAN - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mendorong program KTP Sakti sebagai salah satu upaya mengatasi masalah kelangkaan pupuk dan harga yang meroket bagi kalangan petani.

"Kami waktu di Jawa Tengah, punya pengalaman. Akhirnya kami tahu, berapa jumlah petani, tanahnya luasnya berapa, yang buruh tani berapa, siapa yang bisa mengakses itu. Maka kenapa saya dorong, ini KTP Saktinya, agar bisa menjadi basis data untuk bisa mengurai itu," ujar Ganjar kepada wartawan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).



Ganjar pun menyebut jika permasalahan data tersebut sudah selesai selanjutnya bisa menambahkan subsidi pupuk hingga membuat pabrik pupuk secara mandiri.

"Nah kalau sudah ketemu apa yang dilakukan? Ya kamu tambahin subsidi pupuk boleh, pupuknya diperoleh dari impor silakan, tapi kalau mau mandiri ya buat pabrik pupuk baru. Hitungan kita 3 ya. Nah kalau ini bisa kita lakukan mungkin bisa menggenapi kekurangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar juga mempertimbangkan kelanjutannya dengan cara meramu pupuk organik maupun pengganti organik.



"Tapi, menjaga sustainabilitasnya (kelanjutan) dengan cara meramu dengan pupuk organik atau pengganti organik, penting juga," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3550 seconds (0.1#10.140)