Tak Hanya Capres-Cawapres, Masyakarat Juga Penting Ketahui Rekam Jejak Caleg

Rabu, 17 Januari 2024 - 08:12 WIB
loading...
Tak Hanya Capres-Cawapres, Masyakarat Juga Penting Ketahui Rekam Jejak Caleg
Masyarakat didorong mengetahui rekam jejak calon pemimpin, baik dalam kontestasi Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat didorong mengetahui rekam jejak calon pemimpin, baik dalam kontestasi Pemilu Legislatif ( Pileg ) maupun Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2024. Selama ini masyarakat lebih fokus pada Pilpres dan sedikit mengabaikan Pileg.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Neni Nur Hayati mengatakan, untuk memuwujudkan pemimpunan profetik (jujur, adil, berintegritas, dan berpihak kepada rakyat) harus didukung dengan Parlemen yang baik.

"Jadi jika masyarakat hanya fokus pada pilpres tapi meminggirkan isu pileg itu juga keliru," kata Neni dalam keterangannya, Selasa (16/1/2023).



Neni mengkritisi keterbukaan informasi tentang calon anggota legislatif (caleg) yang terkesan ditutup tutupi. Menurutnya, publik mengalami hambatan dalam mencari rekam jejak caleg.

"Hanya untuk mencari rekam jejak (caleg) saat ini publik mengalami hambatan yang cukup serius terutama pada keterbukaan informasi. Jika kita buka di infopemilu milik KPU ada caleg yang dibuka daftar riwayat hidupnya, ada yang ditutup," ungkapnya.

Berdasarkan catatan DEEP, dari total 28 caleg eks napi koruptor, 17 di antaranya disembunyikan statusnya sebagai mantan narapidana korupsi.

"Integritas sejak awal sudah bermasalah, bagaimana jika masyarakat memilih eks napi koruptor itu yang secara sengaja disembunyikan statusnya oleh KPU," katanya.

Manipulasi data seperti ini merebut hak rakyat dan pemilih untuk mengetahui kebenaran soal rekam jejak mereka, sehingga mereka bisa saja tidak bisa memilih dengan 'jernih'.

"Mereka jelas berupaya memanipulasi penilaian para pemilih. Publik pada akhirnya menjadi tidak tahu bagaimana rekam jejak caleg tersebut, apalagi dia pernah tersangkut kasus korupsi yang merupakan kejahatan luar biasa," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3124 seconds (0.1#10.140)