alexametrics

Survei Cyrus Network: Prabowo Satu-satunya Penantang Terkuat Jokowi

loading...
Survei Cyrus Network: Prabowo Satu-satunya Penantang Terkuat Jokowi
Cyrus Network memotret top of mind calon presiden di benak publik sejauh ini hanya berkutat di dua nama, yakni Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Masyarakat Indonesia diprediksi tak akan mendapat suguhan calon presiden (Capres) alternatif di perhelatan pemilu presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Pasalnya, hingga empat bulan sebelum tahapan pilpres dimulai masih belum terlihat ada tokoh alternatif yang menjadi lawan tangguh Joko Widodo (Jokowi) sebagai petahana.

Fakta tersebut seperti terekam dari persepsi publik dalam survei nasional Cyrus Network pada 27 Maret hingga 3 April 2018 yang dirilis di kawasan Kevin Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Cyrus Network memotret top of mind calon presiden di benak publik sejauh ini hanya berkutat di dua nama, yakni Jokowi dan Prabowo Subianto.

Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Afianto mengatakan, meski selisih elektabilitas Jokowi dan Prabowo cukup jauh, namun hingga saat ini Prabowo masih merupakan satu-satunya penantang terkuat Jokowi.

"Dalam simulasi kami munculkan banyak nama alternatif calon presiden, tapi angka mereka tidak lebih dari 3 persen. Sisanya, sebagian besar pemilih yang tak mendukung Jokowi tetap menyandarkan harapan kepada Prabowo," kata Eko.

Secara rinci, Cyrus Network melakukan simulasi 22 nama. Dalam simulasi itu, Jokowi didukung oleh 56% pemilih, Prabowo didukung 22% pemilih, sementara di peringkat ketiga ada Gatot Nurmantyo dengan 3% pemilih.

Eko menuturkan, munculnya berita-berita tentang kesiapan menjadi calon presiden dan safari politik mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo belum bisa menggegser pilihan konstituen oposisi terhadap Prabowo. Begitu juga dengan kemunculan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tetap saja tak mampu menggeser dominasi Jokowi dan Prabowo.

Survei Cyrus Network dilakukan terhadap 1.230 responden di 123 desa/kelurahan di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan cara tatap muka dengan tingkat keyakinan survei sebesar 95% dengan margin of error sebesar 3%.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak