Mahfud MD Dorong Pesantren Bisa Dirikan Universitas

Rabu, 10 Januari 2024 - 21:42 WIB
loading...
Mahfud MD Dorong Pesantren Bisa Dirikan Universitas
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat bersilaturahmi ke Ponpes Darussalam Blokagung, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024). Foto/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD berkomitmen untuk mendorong kemajuan pondok pesantren (ponpes). Salah satu caranya, dengan membangun universitas.

Hal itu diungkapkan Mahfud saat bersilaturahmi ke Ponpes Darussalam Blokagung, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).

"Kami berharap semua pesantren itu yang sudah mampu bisa mendirikan universitas-universitas yang maju, sama juga dengan universitas Al Azhar yang sekarang usianya lebih dari seribu tahun di Kairo yang dulu didirikan oleh Halaqoh keagamaan. Nah itu kita ikuti di sini," ujar Mahfud.



Mahfud datang mengenakan batik cokelat keemasan serta peci dan celana hitam begitu senang ketika Ponpes Darussalam Blokagung telah memiliki universitas. Kehadirannya, disambut KH Ahmad Hisyam Syafa'at pengasuh ponpes dan KH Muhammad Hasyim Syafa'at, dan ribuan warga ponpes.

"Kira-kira dua atau tiga bulan lalu saya ke sini untuk wisuda dan Alhamdulillah sekarang ponpes Darussalam ini mempunyai universitas Darussalam. Insya Allah nanti politeknik yang sedang diusulkan ponpes ini nanti politkeniknya mudah-mudahan segera bisa diperoleh," ungkapnya.

Mahfud mengatakan, selama dua bulan terakhir dirinya telah turut mengantarkan dua universitas baru di Indonesia yang dibangun pondok pesantren. Ia mengaku, sangat gembira dengan pencapaian tersebut.

"Dalam dua bulan terakhir ini saya ikut mengantarkan dua universitas baru, pertama di Ponpes Darussalam, yaitu universitas Darussalam. Lalu, dua Minggu yang lalu Universitas Annuqayah di ponpes Annuqoyah, Sumenep," ujarnya.

Pria berusia 66 tahun itu berpendapat, bahwa pendidikan ponpes sangat penting. Sebab, ponpes kini tidak hanya mengajarkan ilmu agama, lebih jauh dari itu juga mengajarkan ilmu pengetahuan secara umum.

"Pesantren sangat penting karena dulu pesantren itu di Indonesia orientasinya pada fikih ibadah, tasawuh, akhlak. Orientasi dulu, jauh dari fikih siasah atau politik. Maka sekarang pesantren mendirikan universitas-universitas agar fikih politik tentang pengelolaan dipelajari," kata Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD juga bertegur sapa dengan para santri. Ia memberikan semangat, agar para santri terus maju dan menjadi penerus bangsa ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)