Eks Tenaga Ahli KSP Lihat Ganjar Unggul Debat Capres: Show Bagus dan Outfitnya Memikat Publik

Senin, 08 Januari 2024 - 15:18 WIB
loading...
Eks Tenaga Ahli KSP Lihat Ganjar Unggul Debat Capres: Show Bagus dan Outfitnya Memikat Publik
Penampilan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat capres ketiga pada Minggu (7/1/2024) malam dinilai akan menjadi perbincangan publik luas hingga sepekan ke depan. Foto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Penampilan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat capres ketiga pada Minggu (7/1/2024) malam dinilai akan menjadi perbincangan publik luas hingga sepekan ke depan. Penilaian itu disampaikan pengajar Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya Jakarta Agustinus Rahardjo.

Menurutnya, secara substansi pada debat ketiga ini, Ganjar diuntungkan dengan tiga hal. Pertama, karena tampak sekali ‘head to head’ gesekan antara Prabowo dan Anies dalam banyak kesempatan. Keduanya saling sindir, saling serang, dan saling merendahkan.

“Secara show bagus, karena namanya debat harus menarik ya. Tapi secara kesantunan politik, mereka (Prabowo dan Anies) nampak melemahkan diri sendiri. Apalagi dengan adegan penutup tak mau bersalaman di antara keduanya,” kata pria yang akrab disapa Jojo ini dalam keterangannya, Senin (8/1/2024).





Kemudian, yang kedua adalah pernyataan Prabowo yang tiga kali mengatakan sependapat dengan Ganjar. Pernyataan Prabowo menjadi nilai tambah tersendiri karena menunjukkan kuatnya argumentasi Ganjar.

Padahal, kata Jojo, secara senioritas dan pengalaman di bidang politik hukum dan keamanan (Polhukam) ada pada sosok Prabowo. Bahkan, sebelum debat dimulai, disebutkan bahwa tema debat ketiga ini sangat ‘Prabowo banget’.

Ketiga, secara materi debat, Ganjar unggul karena terus menyampaikan program-program unggulannya berkali-kali. Misalnya Garda Samudra, penguatan badan siber, duta besar krisis iklim, zero toleransi kecelakaan alutsista, anggaran pertahanan dua persen dari PDB, serta peningkatan profesionalisme kepolisian.

“Sebagai anak polisi rendahan, menjadi sangat engaged ketika Ganjar menekankan beasiswa kuliah untuk anak prajurit dan Bhayangkara serta meningkatkan kesejahteraan keluarga TNI/Polri,” kata mantan Tenaga Ahli Komunikasi Kantor Staf Presiden (KSP) 2016-2019 ini.

Dari debat ketiga, ia juga melihat keunggulan soft campaign Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang luar biasa. Antara lain, strategi outfit yang menarik perhatian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)