Ganjar-Mahfud Usung Program Semua Pasti Kerja, dari Anak Muda hingga Lansia

Kamis, 04 Januari 2024 - 08:48 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Usung Program Semua Pasti Kerja, dari Anak Muda hingga Lansia
Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin adanya perluasan lapangan kerja jika terpilih di Pilpres 2024. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin adanya perluasan lapangan kerja. Daya serap industri terhadap tenaga kerja akan ditingkatkan, sehingga semua lulusan pasti mendapat pekerjaan.

Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyebutkan, jumlah penduduk usia kerja saat ini sebanyak 211,59 juta orang. Dari jumlah tersebut, yang sedang bekerja sebanyak 138,63 juta orang, bersekolah 16,78 juta orang, mengurus rumah tangga sebanyak 40,11 juta orang. Sementara yang menganggur ada 7,98 juta orang dan lainnya 8,06 juta.

Wakil Deputi II Generasi Y dan Z Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Achyar Al Rasyid mengatakan, dengan komposisi seperti itu, maka penyediaan lapangan kerja menjadi suatu yang sangat dibutuhkan.



"Perluasan 17 juta lapangan kerja baru yang digagas paslon nomor 3 Ganjar-Mahfud merupakan keharusan. Ini akan dirancang melalui sebuah peta jalan yang terukur dan jelas, baik dan secara regulasi maupun cara-cara inovatif yang tidak biasa untuk membuka investasi perekonomian dan melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/1/2023).

Achyar menjelaskan lewat Program Semua Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud akan mempersiapkan tenaga kerja lewat berbagai kegiatan pembekalan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas di bidang yang tepat. Anak-anak muda dan calon pekerja pekerja disiapkan agar memenuhi kualifikasi bekerja di industri nasional dan global, ataupun berwirausaha.

Menurutnya, pembukaan 17 Juta lapangan pekerjaan baru di Indonesia bukanlah suatu yang mustahil. Apalagi Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Sambil terus diperbaiki iklim investasi sehingga tercipta ekosistem yang ramah investasi. Kemudian hilirisasi industri yang selama ini lebih banyak di sektor sumber daya alam akan diperluas di berbagai sektor.



"Maka dari itu tugas pemerintah di bawah Ganjar dan Mahfud MD akan melakukan langkah afirmasi. Hal pertama adalah lapangan pekerjaan yang dibuka harus lebih banyak untuk masyarakat Indonesia dan lokal di daerah itu. Lalu, proses bisnis penunjang yang dihasilkan dari berjalannya hilirisasi industri tersebut perlu dipastikan oleh pemerintah diisi oleh anak-anak muda kreatif di wilayah sekitar," kata Achyar.

Memanfaatkan potensi lain yang dapat diwujudkan untuk bisa memperbaiki lingkungan sekitar akibat dampak dari hilirisasi industri merupakan cara lain untuk menyerap tenaga kerja. Pemerintah perlu melibatkan anak-anak muda di wilayah lokal sebagai problem solver-nya, sehingga bertambah lagi potensi pekerjaan yang bisa dihasilkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)