Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi di Seluruh TPS

Rabu, 03 Januari 2024 - 17:25 WIB
loading...
Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi di Seluruh TPS
TPN Ganjar-Mahfud telah menentukan langkah untuk memitigasi kecurangan Pemilu 2024 di saat hari pencoblosan, Rabu (3/1/2024). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud telah menentukan langkah untuk memitigasi kecurangan Pemilu 2024 di saat hari pencoblosan. Salah satunya, menyiapkan 1,6 juta saksi di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Indonesia.

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud yang juga Ketua Harian DPP Partai Perindo, TGB Zainul Majdi menjelaskan, penyiapan para saksi itu ditujukan untuk menjaga suara rakyat.

"Karena itu kita sekarang sedang menyiapkan, 1 TPS dua saksi, yang kami totalkan insya Allah 1,6 juta orang saksi di seluruh Indonesia untuk 800 ribuan TPS," terang TGB saat ditemui di Gedung TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga: Pemilu 2024, HT Bakal Perkuat Keberadaan Saksi Perindo di TPS

Kendati demikian, TGB berkata, pihaknya akan menggelar Training Of Trainer (TOT) untuk para calon saksi. Di sana, kata TGB, para calon saksi itu akan dibekali pengetahuan sebagai saksi di TPS.

"Nanti akan segera dimulai TOT-nya dalam waktu terdekat, di situ para calon saksinya itu akan menyampaikan rule, apa yang harus mereka lakukan, hak mereka, termasuk apa yang tidak boleh mereka lakukan," terang TGB.

Sselain itu, kata TGB, para kader parpol pengusung Ganjar-Mahfud di seluruh wilayah akan diminta untuk mengedukasi para pemilih guna mencegah kecurangan Pemilu.

"Karena bagi kami, literasi pemilih itu adalah kewajiban, kita ingin Pemilu yang berkualitas," tutur TGB.

"Apa isi literasi yang sekarang sering dilakukan, bahwa mereka punya hak sebebas-bebasnya untuk menentukan sesuai dengan pilihan mereka dan tidak boleh tunduk pada intimidasi, dari siapa pun, itu yang sedang kita lakukan. Dan kita juga ada beberapa langkah itu internal," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)