Warganet Apresiasi #GebrakPKKDidukung Trending Topic di Indonesia

Senin, 10 Agustus 2020 - 17:35 WIB
loading...
Warganet Apresiasi #GebrakPKKDidukung Trending Topic di Indonesia
Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dukungan masyarakat atas Gerakan Bagi Masker PKK - #Gebrak PKKDidukung menjafi trending topik Indonesia di twitter peringkat pertama pada Senin, (10/8/2020). Tagar ini mulai masuk trending topic Indonesia jam 7 di peringkat kedua dan terus naik bertahan di peringkat pertama hingga 2,5 jam kemudian.

(Baca juga: Cegah Covid-19, Ketua TP PKK Makassar Bagikan 800 Masker ke Warga)

Gerakan yang merupakan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar PKK lakukan kampaye Protokol Kesehatan lawan Covid-19 dilakukan bertahap, setiap dua minggu, mulai dari membagi masker, sampai menjaga jarak.

(Baca juga: Satgas Covid-19: Kesadaran Masyarakat Pakai Masker Kurang dari 50%)

Maka Presiden Jokowi meminta agar PKK dapat bisa membantu melakukan kampanye penggunaan masker dari pintu ke pintu. "Saya kira PKK ini saya pikir sangat efektif ‘door to door’ urusan masker," kata Jokowi.

Arahan Kepala Negara pun ini langsung direspons Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian. Diawali dengan membagian masker di Johor Baru Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2020), dilanjutkan Launching Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat Rabu (5/8/2020).

Kemudian Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Kamis (6/8/2020), serta di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Di kota apel ini, pembagian masker berjumlah 26 juta kepada masyarakat se Jawa Timur, Jumat (7/8/2020).

Gerakan ini mendapat perhatian warganet dengan mengangkat tagar #GebrakPKKDidukung dan menjadi trending topic Indonesia di twitter pada Senin, (10/8/2020). Sebelumnya pada Sabtu (8/8/2020) warganet di twitter juga mengangkat tagar #JatimLautanMaskerPKK sebagai trending topik Indonesia di twiter peringkat kedua.

Fenomenya ini menjadi perhatian tersendiri bagi Khairul Anam sebagai ketua Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB), bahwa program seperti ini sudah dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

"Kami melihat ternyata dukungan atas gerakan yg diinisiasi Presiden Jokowi mendapat dukungan bukan hanya di lapangan tapi juga di dunia maya, menjadi bukti bahwa masyarakat dapat secara langsung manfaat adanya gerakan semacam ini," ujar Khairul Anam.

Dalam pandangan Khairul Anam yang juga seorang blogger dan aktivis media sosial jika ada sebuah kebijakan atau program masuk dalam perbincangan warganet apalagi menjadi trending topik Indonesia, bisa dipahami sebagai potret positif di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Sekarang ekpresi kepuasan publik itu bisa disampaikan secara langsung melalui smart phone yang kita miliki tanpa bertatap langsung, ramainya hastag yang ada relasinya dengan Gerakan Bagi Masker (GEBRAK) oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), masyarakat merasa sebagai salah satu upaya yang efektif guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19," terang Khairul Anam.

Beberapa akun melakun tweet seperti yang dilakukan @AryPrasetyo85_#GebrakPKKDidukung Launching gerakan 26 Juta masker se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Agung, Kab Malang.

"Ini adalah tindak anjut dari perintah Bapak Presiden bahwa Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK harus ikut serta berperan membagikan masker door to door @kemendagri @Aryprasetyo85," tweetnya.

Sedangkan akun @TweetPolitikID mengungkapkan, "Pada kesempatan itu pula, Beliau memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker untuk pencegahan Covid-19. #GebrakPK," tulisnya

Netizen lain seperti akun @Apriil68 mengungkapkan, pembagian masker yang dilakukan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Emil Dardak, serta Forkopimda Kabupaten Malang mendapat sambutan baik dari masyarakat Malang.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)