Ganjar Ternyata Bikin Kesepakatan dengan Mahfud MD, Soal Apa?

Sabtu, 30 Desember 2023 - 00:35 WIB
loading...
Ganjar Ternyata Bikin Kesepakatan dengan Mahfud MD, Soal Apa?
Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3 pada Pilpres 2024. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
WONOGIRI - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkap adanya kesepakatan dengan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD . Kesepakatan itu terkait pembagian tugas jika rakyat memberikan mandat kepada Ganjar-Mahfud untuk memimpin Indonesia.

Menurut Ganjar, dirinya telah bersepakat dengan Mahfud MD ihwal tanggung jawab presiden dan wakil presiden. Sejak awal, Ganjar dan Mahfud telah merinci prioritas tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing.

"Dalam hubungan saya dengan Pak Mahfud, kami sudah membuat kesepakatan dari awal mengenai apa yang akan menjadi prioritas tugas presiden dan wapres," kata Ganjar saat kunjungan di Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).



Ganjar menjelaskan, dalam konteks tugas, pokok, dan fungsi pemerintahan di bidang kepastian dan reformasi hukum, Mahfud MD akan fokus pada peran tersebut dalam jabatannya sebagai wakil presiden.

"Ini akan meringankan beban saya sebagai presiden, karena Pak Mahfud akan fokus pada urusan ini (kepastian dan reformasi hukum). Namun, bukan berarti wapres akan membuat keputusan sendiri, dia bertanggung jawab menyampaikan kepada presiden, dan presiden yang akan membuat keputusan," kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Menurut Ganjar, membangun hubungan yang baik antara presiden dan wakil presiden sejak awal pencalonan sangat penting. Dia memandang hubungan tersebut untuk menepis anggapan wakil presiden hanya mitra dalam kontestasi Pilpres, juga menghilangkan persepsi bahwa wapres hanya sebagai pendamping presiden.

"Jangan menganggap wapres hanya sebagai cadangan yang tidak memiliki tugas. Saya tidak setuju. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan wapres lebih dari sekadar pendamping presiden," katanya.



Ganjar menuturkan sosok Wapres Ma'ruf Amin yang saat ini mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah melakukan tugas yang luar biasa. Salah satu fokusnya adalah dalam bidang pelayanan publik, yang merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk diterapkan di daerah.

"Saya pikir Pak Wapres (Ma'ruf Amin) saat ini telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik menjadi fokusnya, dan kami sering diundang untuk membahas hal tersebut," kata Ganjar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)