Ziarah Ke Makam Khatib Umar di Jember, Mahfud MD Kenang Kisah Unik Cincin Gus Dur

Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:11 WIB
loading...
Ziarah Ke Makam Khatib Umar di Jember, Mahfud MD Kenang Kisah Unik Cincin Gus Dur
Mengawali kunjungan hari kedua di Jawa Timur, Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD, berziarah ke makam KH Muhammad Khatib Umar di Jember, Jumat (29/12/2023). Foto/TPN
A A A
JEMBER - Mengawali kunjungan hari kedua di Jawa Timur, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam KH Muhammad Khatib Umar di Jember, Jumat (29/12/2023).

Lokasi makamnya tak jauh dari Ponpes Nurul Qarnain, tempat Mahfud bermalam. Mahfud berdoa di pusara kiai yang semasa hidupnya menjadi sahabat dekatnya.



"Sebelum melanjutkan kunjungan ke Banyuwangi, saya ke Makam KH Muhammad Khatib Umar. Untuk mendoakan kebaikan," ujar Mahfud usai berdoa di makam.

Kiai Khatib Umar, kata Mahfud, adalah sahabat KH Abdurrahman Wahid. Karenanya, dia kerap bertemu dengannya bersama Gus Dur.

"Sekaligus ini mengenang hubungan kami yang sangat dekat awal tahun 2.000 an," tutur Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini.

Mahfud pun ingat cerita menarik dengan Kiai Khatib Umar. Saat jadi Menteri Pertahanan (Menhan), Mahfud adalah kalangan akademisi yang kurang begitu dikenal oleh kiai khos dan langitan Nahdlatul Ulama (NU). Terutama kiai yang dekat dengan Gus Dur.

"Sesudah jadi Menhan, kiai Khatib Umar tidak tahu siapa saya. Beliau tanya, Pak Mahfud kenal Gus Dur di mana? Bukan orang dekat, bagaimana ceritanya?" cerita Mahfud.

Mahfud pun menjawab dia pernah ketemu Gus Dur sudah sangat lama dalam sebuah acara di sebuah kampus di Yogyakarta.

"Memang saya kenal Gus Dur tahun 1983. Lalu 16 tahun kemudian Gus Dur cari saya untuk diangkat sebagai menteri saat beliau jadi Presiden," papar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3496 seconds (0.1#10.140)