Ganjar-Mahfud Bertekad Sejahterakan Nelayan

Kamis, 28 Desember 2023 - 20:55 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Bertekad Sejahterakan Nelayan
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo bakal memperhatikan kesejahteraan nelayan melalui berbagai program riil. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo bakal memperhatikan kesejahteraan nelayan melalui berbagai program riil. Program itu yakni penghapusan kredit macet, alokasi bahan bakar bersubsidi, modal kerja khusus, dan kemudahan perizinan kapal.

Komitmen tersebut disampaikan Ganjar kepada warga diaspora dan nelayan Indonesia pendukung paslon nomor 3 Ganjar-Mahfud yang sedang berkumpul di perairan Honolulu, Amerika Serikat, Rabu (27/12/2023).

Tatap muka online tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin Warung D3mokrasi, platform bagi warga diaspora yang mendukung pemenangan Ganjar-Mahfud di luar negeri.



"Kami memiliki program khusus dan nyata untuk para nelayan agar sejahtera. Kita ingin di laut kita jaya, nelayan kita sejahtera. Karena kalau bicara sustainable fishing, kita akan menghapus kredit macet yang kira-kira Rp186 miliar," ujar Ganjar, Kamis (28/12/2023).

Komitmen tersebut juga dia sampaikan kepada para nelayan di dermaga perikanan Tamperan, Pacitan, Jawa Timur pada hari yang sama. "Kami akan perhatikan masalah solar sebagai bahan bakar, modal usaha, dan perizinan kapal yang sampai hari ini masih menjadi masalah," katanya.

Para nelayan yang hadir di Perairan Honolulu mengapresiasi Ganjar yang mau menyempatkan diri bertatap muka. "Kehadiran Mas Ganjar malam ini adalah bukti kepedulian beliau atas para nelayan," ujar Alaika Putra, nelayan yang hadir.

Lusy Van Dyke, koordinator Warung D3mokrasi di Hawaii berpendapat Ganjar merupakan sosok yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan nelayan. "Beliau sudah pernah membuat kartu nelayan dan perahu listrik semasa beliau mengabdi di Jawa Tengah. Semoga ke depannya nelayan seluruh Indonesia mendapatkan jaminan asuransi dan jaminan hari tua yang lebih baik," ungkapnya.

Diskusi warung kali ini juga membahas masalah subsidi BBM, bantuan alat tangkap, serta pengembangan industri perikanan dalam negeri.

"Harapannya tidak hanya menaikkan produktivitas dalam negeri tapi juga meningkatkan penjualan dan pemasaran produk perikanan Indonesia di kancah internasional ketika Pak Ganjar dan Prof Mahfud terpilih nanti," ujar Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Amerika Serikat, Lia Sundah Suntoso.

Bersamaan dengan diskusi warung tersebut, Lusy berharap adanya efek elektoral yang signifikan untuk pasangan Ganjar-Mahfud, khususnya kelompok nelayan Indonesia. "Insyaallah di tangan Ganjar-Mahfud, nelayan Indonesia menjadi nelayan sejahtera di negeri sendiri," katanya.

Acara Warung D3mokrasi ini merupakan hasil swadaya masyarakat dan menjadi salah satu platform andalan tim pemenangan Ganjar-Mahfud luar negeri. Warung D3mokrasi yang berjargon Bersih, Sehat, Sederhana, Merakyat akan terus berlanjut di berbagai kota di berbagai belahan dunia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)