Respons KPU soal Penggunaan Tiga Mik saat Debat Cawapres 2024

Senin, 25 Desember 2023 - 06:08 WIB
loading...
Respons KPU soal Penggunaan Tiga Mik saat Debat Cawapres 2024
Ketua KPU Hasyim Asyari. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat bicara ihwal pernyataan pakar telematika Roy Suryo yang menuding Cawapres Nomo Urut 2, Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga microphone (mik) saat debat Cawapres 2024 , Jumat (22/12/2023) lalu.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan, seluruh kandidat yang mengikuti debat telah diberi fasilitas yang sama, termasuk mik. Ia juga menegaskan, seluruh cawapres menggunakan alat yang sama saat debat berlangsung.

"Semua cawapres pake alat yang sama. Semua cawapres pake tiga mik untuk antisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).



Hasyim juga membantah, pihaknya telah memberikan ear feeder kepada Gibran. Ia menegaskan, alat yang menempel di kupin dan pipi Gibran merupakan mik.

"Bukan ear feeder. Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolin di kuping," tegas Hasyim.

Kendati demikian, Hasyim mempersilakan Roy untuk bertanya ke seluruh kandidat debat dan penyelenggara stasiun TV.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga station TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," kata Hasyim.

"Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab," tambahnya.

Hasyim menegaskan, debat merupakan forum spontam dan tak bisa didikte. Apalagi, kata Hasyim untuk membuka contekan.

"Debat spontan, enggak mungkin didekte, dengerin bisikan atau baca contekan. Roy suryo memang tukang fitnah," tandasnya.

Sebelumnya, pengamat telematika Roy Suryo menyebut Gibran menggunakan 3 MIC sekaligus dalam Debat Cawapres 2024 Jumat, 22 Desember 2023, malam. Amatan Roy Suryo tersebut disampakannya dalam akun media sosial X. @KRMTRoySuryo1.

"Kemarin sdh saya duga, Utk menghindari CHEATING, Sebaiknya next KPU ADIL. Kenapa si No 2 ini sampai gunakan 3 (TIGA) MIC sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set? Apa gunanya juga ada EARPHONE? SIAPA yg bisa FEEDING ke Telinganya? Mengapa 2 Calon yg lain BEDA? AMBYAR," tulis Roy Suryo.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)