Mahfud MD Sebut Perlu 24 Meja untuk Dapatkan Izin UMKM

Jum'at, 22 Desember 2023 - 20:26 WIB
loading...
Mahfud MD Sebut Perlu 24 Meja untuk Dapatkan Izin UMKM
Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD mengungkapkan perizinan sulit di Indonesia, khususnya bagi UMKM. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD mengungkapkan perizinan sulit di Indonesia, khususnya bagi UMKM. Bahkan, Mahfud mengatakan harus melewati 24 meja agar bisa dapat izin dari UMKM.

Pernyataan Mahfud MD ini menanggapi Cawapres Nomor Urut1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terkait masalah investasi. “Cak Imin calon wakil presiden paslon nomor satu. Begini yang Bapak sampaikan itu tadi saya kira itu sangat normatif. Seharusnya, seharusnya, seharusnya begitu,” ujar Mahfud saat debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Mahfud pun mengatakan bahwa prosedur perizinan investasi bertele-tele masih terjadi di Indonesia. “Di lapangan Pak, investasi itu sulit lho Pak prosedurnya bertele-tele ada conflict of Interest di mana pejabat yang ngurus itu misalnya harus mendapat sesuatu tapi disalurkan lewat si A, itu laporan yang masuk ke saya.”

Bahkan, kata Mahfud, hanya untuk mendapatkan izin perlu 24 meja yang harus dilewati khususnya untuk UMKM. “Ada urusan yang urusan harusnya diinvestasikan untuk rakyat itu malah disentralisasi itu negara dibuat PT sendiri lalu diurus sendiri rakyatnya tidak kebagian,” paparnya.



“Nah itu yang sering saya dapat laporan dari berbagai tempat. Minta izin misalnya untuk UMKM, untuk UMKM misalnya berapa? Perlu 24 meja Pak untuk mendapat izin UMKM,” pungkas Mahfud.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)