Debat Cawapres Digelar Malam Ini, Begini Formatnya

Jum'at, 22 Desember 2023 - 06:03 WIB
loading...
Debat Cawapres Digelar Malam Ini, Begini Formatnya
Tiga calon wakil presiden (cawapres) akan menjalani debat Pilpres 2024 babak kedua, Jumat (22/12/2023) malam nanti. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga calon wakil presiden (cawapres) akan menjalani debat Pilpres 2024 babak kedua, Jumat (22/12/2023) malam nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan format debat cawapres sama seperti debat capres pada 12 Desember 2023 lalu.

"Untuk format debat kedua, rangkaiannya sama dengan debat pertama. Durasinya total 150 menit, di dalamnya full debat yang ditayangkan itu 120 menit, dan kemudian 30 menit untuk jeda iklan," kata Ketua KPU Hasyim Asya'ri dalam keterangannya dikutip, Jumat (22/12/2023).

Hasyim mengatakan pelaksanaan debat kedua ini juga masih sama seperti debat pertama, yakni meliputi 6 segmen. Segmen pertama meliputi pembukaan, pembacaan tata tertib oleh moderator, dan dilanjutkan kesempatan kepada calon wakil presiden untuk menyampaikan visi misi dan program kerja.



"Durasinya juga sama, masing-masing calon wakil presiden akan menyampaikan visi misi dan program kerjanya selama 2 menit," ujarnya.

Selanjutnya, segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja. Pendalaman visi misi dan program kerja ini berupa diajukan pertanyaan-pertanyaan oleh tim panelis kepada masing-masing calon wakil presiden yang akan dipimpin atau disampaikan oleh moderator.

Sementara itu, untuk segmen keempat dan kelima, kata dia, juga masih sama sebagaimana debat yang pertama. Segmen ini akan menjadi kesempatan untuk masing-masing calon wakil presiden mengajukan pertanyaan kepada calon wakil presiden yang lain, dan calon wakil presiden yang dijadikan tujuan pertanyaan akan memberikan respons atau tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan oleh calon wakil presiden yang lain.

"Kemudian, segmen keenam adalah penutup atau closing statement," katanya.

Baca juga: Enggak Boleh Absen Nonton, Debat Kedua Pilpres 2024! Kini Giliran Cawapres Ambil Panggung di Debat Perdana, Saksikan Besok, LIVE di iNews

Debat Pilpres 2024 babak kedua akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB. Tema debat yang diangkat adalah soal ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)