Kapolda Sumatera Selatan di Era Jokowi, Nomor 1 dan 7 Sandang Gelar Profesor

Jum'at, 22 Desember 2023 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Eko juga merupakan seorang profesor. Ia dilantik sebagai Guru Besar bidang SDM di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK). Selain sebagai polisi, Eko Indra juga aktif sebagai tenaga pengajar.

8. Irjen Pol Dr Toni Harmanto, MH

Kapolda Sumatera Selatan di Era Jokowi, Nomor 1 dan 7 Sandang Gelar Profesor

FOTO/POLDA SUMBAR

Kemudian ada Toni Harmanto dalam daftar Kapolda Sumatera Selatan di era Jokowi. Lulusan Akpol 1988 ini menempati jabatan itu pada periode 25 Agustus 2021–14 Oktober 2022.

Riwayat jabatan Toni Harmanto di Polri cukup panjang. Antara lain sebagai Kaurbinops Sabhara Polres Serang, Kasat Serse Polres Serang, Kasat Serse Polres Polres Bogor, dan Kabag Pamsan Ditintelpam Polda Maluku.

Polisi kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1965 itu pertama kali dipercaya memimpin teritori tingkat kabupaten/kota ketika diangkat menjadi Kapolres Tangerang pada 2006. Kemudian ia dimutasi menjadi Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya, Penyidik Utama Tk III Dit I/Kamtrannas Bareskrim Polri, Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Wadirtipidum Bareskrim Polri.

Pada 2019, Toni diangkat menjadi Kapolda Sumatera Barat. Satu setengah tahun kemudian dimutasi menjadi Kapolda Sumsel, dan Kapolda Jawa Timur pada Oktober 2022. Toni kini pensiun dari Polri dengan pangkat terakhir Irjen Pol.

9. Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK, MIK

Kapolda Sumatera Selatan di Era Jokowi, Nomor 1 dan 7 Sandang Gelar Profesor

FOTO/DOK.POLRI

Kapolda Sumsel di era Jokowi terakhir hingga saat ini adalah Albertus Rachmad Wibowo. Abituren Akpol 1993 ini menjabat Kapolda Sumatera Selatan sejak 14 Oktober 2022.

Rachmad Wibowo memiliki pengalaman panjang sebelum menjadi Kapolda Sumsel. Polisi kelahiran 12 April 1969 itu pernah menjabat sebagai Kanit Analisis Subden Intel Densus 88 Antiteror Bareskrim Polri, kemudian Kapolres KP3 Tanjungpriok, Wakapolres Metro Tangerang, dan Kasubdit V Ditipideksus Bareskrim Polri.

Selanjutnya, Rachma Wibowo dimutasi menjadi Koorspripim Polri, Dirtipid Siber Bareskrim Porli, Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Pada 2020, Rachmad dipromosikan menjadi Kapolda Jambi. Dua tahun kemudian, polisi yang berpengalaman di bidang reserse ini kemudian dimutasi Kapolda Sumatera Selatan. Rachma masih menempati jabatan itu hingga saat ini.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4075 seconds (0.1#10.140)