Timses Capres-Cawapres Diingatkan Jangan Seret Institusi Muhammadiyah

Rabu, 20 Desember 2023 - 08:04 WIB
loading...
Timses Capres-Cawapres...
Capres dan cawapres 2024 beserta pendukungnya jelang Debat Capres di Gedung KPU RI, Jakarta pada 12 Desember 2023. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Tim sukses (timses) calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) diingatkan jangan menyeret-nyeret institusi Muhammadiyah . Warga Muhammadiyah sudah cerdas dan akan menggunakan hak pilihnya dengan rasional.

"Isunya kan banyak mendukung nomor 1. Tampaknya tidak begitu juga, banyak sekali pendukung nomor 2 dan nomor 3, tapi memang tidak ekspresif saja. Elegan saja, tidak perlu mengklaim, apalagi kalau terkait institusi. Warga Muhammadiyah sudah cerdas, insyaallah memilih dengan kritis, berdasarkan kaidah dan khittah organisasi," tegas Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Iu Rusliana kepada SINDOnews, Rabu (20/12/2023).

Iu mengingatkan, warga Muhammadiyah pasti sedang melakukan pendalaman kepada masing-masing calon untuk kemudian nanti dipilih. "Di Jawa Barat, tampaknya warga Muhammadiyah masih cukup merata, mendukung nomor 1, 2, atau 3. Bahkan yang masih belum memastikan pilihan masih lebih banyak. Jadi, sekarang bagaimana meyakinkan dengan program riil karena warga Muhammadiyah itu rasional dan kritis," tegasnya.

Timses Capres-Cawapres Diingatkan Jangan Seret Institusi Muhammadiyah


Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Iu Rusliana. Foto/Istimewa

Dia pun menyayangkan upaya mengklaim institusi seperti Majelis Tarjih dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah menjadi pengawal dan pendukung calon presiden tertentu. Gaya-gaya begitu, kata Iu, tidak akan efektif dan menimbulkan antipati dari warga Muhammadiyah.



"Warga Muhammadiyah perlu disajikan gagasan, visi, dan program besar membangun bangsa. Bukan dengan cara menarik, mengklaim institusi yang ada di Muhammadiyah, karena hal tersebut menunjukkan orang yang menyatakan hal tersebut tidak memahami karakter politik Muhammadiyah," jelasnya.

Iu juga mendukung pernyataan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Irwan Akib yang menegaskan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah tidak menjadi bagian salah satu calon presiden. Kalaupun ada seorang rektor yang menjadi timses salah satu capres-cawapres, yang bersangkutan sudah mundur dari posisi rektor.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)