Pemprov Jatim Raih 'Provinsi Terinovatif' IGA 2023, Gubernur Khofifah: Inovasi Harus Berdampak Kepada Masyarakat

Jum'at, 15 Desember 2023 - 17:27 WIB
loading...
Pemprov Jatim Raih Provinsi Terinovatif IGA 2023, Gubernur Khofifah: Inovasi Harus Berdampak Kepada Masyarakat
Khofifah menyebutkan inovasi Jatim harus berdampak di masyarakat pasca Pemprov Jatim raih penghargaan Provinsi Terinovatif di IGA 2023 Kemendagri. (Foto: dok Pemprov Jatim)
A A A
SURABAYA - Pemprov Jatim kembali meraih penghargaan sebagai Provinsi Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 besutan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Piala dan Piagam penghargaan Provinsi Terinovatif tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Adhy Karyono dalam acara Penganugerahan Innovative Government Award 2023 di Gedung Sasana Bakti Praja, Kemendagri, Jakarta pada Selasa (12/12/2023).

Atas diterimanya penghargaan ini, Khofifah menyebutkan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan terukur, utamanya yakni para ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang terus mengembangkan berbagai inovasi layanan publik untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa seluruh jajaran ASN di Pemprov Jatim terus bekerja memberikan inovasi layanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan 'tagline' Cepat, Efektif Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif (CETTAR)," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Rabu (13/12/2023).

Secara khusus, dalam ajang ini Jatim berhasil mempersembahkan 189 Inovasi unggulan. Dimana salah satu inovasi unggulan yang menjadi penilaian tertinggi adalah Trans Jatim-Ajaib (Aplikasi Jatim Informasi Bus) inovasi Dinas Perhubungan Prov. Jatim dan BAnk IKan LOkal JAwa TIMur (Baik Lo) Jatim inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim.

Khofifah juga mengatakan bahwa Trans Jatim Aplikasi Jatim Informasi Bus (Trans Jatim-Ajaib) merupakan sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat mengakses penggunaan layanan bus Trans Jatim. "Aplikasi Trans Jatim-Ajaib ini dapat langsung diakses oleh masyarakat melalui aplikasi Android dan juga Appstore secara gratis," ujarnya.

Menurutnya, aplikasi Trans Ajaib ini memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan angkutan umum, juga merupakan momen penting untuk meningkatkan indeks digitalisasi, berseiring dengan perwujudan Nawa Bhakti Satya yakni Jatim Akses.

"Dengan adanya aplikasi ini, kita telah menunjukkan bahwa Jatim melangkah maju dengan memberikan pelayanan transportasi bagi masyarakat yang dapat diakses hanya dengan satu genggaman," ucapnya.

Sampai saat ini, terdapat III koridor Trans Jatim dimana pada Koridor I, Bus Trans Jatim melayani rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik, kemudian Trans Jatim Koridor II melayani serta Trans Jatim koridor III dengan rute Mojokerto - Gresik.

Terkait inovasi BAnk IKan LOkal JAwa TIMur (Baik Lo) Gubernur Khofifah menjelaskan, Inovasi ini lahir dari kepedulian Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim melalui UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan (LKIL) dalam pelestarian ikan lokal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)