Beda dengan THR, Semua PNS Bakal Terima Gaji Ke-13

Minggu, 09 Agustus 2020 - 15:05 WIB
loading...
Beda dengan THR, Semua PNS Bakal Terima Gaji Ke-13
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah akhirnya menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No44/2020 tentang Gaji Ke-13. Berbeda dengan tunjangan hari raya ( THR ) yang hanya diberikan kepada pejabat eselon I dan II, gaji ke-13 diberikan kepada seluruh pegawai negeri sipil ( PNS ).

Hal ini diatur pada pasal 2 huruf a bahwa salah satu penerimanya adalah PNS tanpa ada pengecualian. “PNS,” bunyi pasal 2 huruf a. Komponen gaji ke-13 untuk PNS pada tahun ini hanya terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. (Baca juga: Bakal Banyak Disimpan, Gaji ke-13 Enggak Ngefek ke Ekonomi)

Sementara untuk komponen unjangan kinerja, insentif kinerja, insentif kerja, tunjangan bahaya, tunjangan risiko, tunjangan pengamanan, tunjangan profesi atau tunjangan khusus guru dan dosen atau tunjangan kehormatan, tambahan penghasilan bagi guru PNS, insentif khusus, tunjangan selisih penghasilan, tunjangan penghidupan luar negeri, dan tunjangan lain yang sejenis tidak termasuk di dalam gaji ke-13. (Baca juga: Hore! Akhirnya, Gaji ke-13 Cair Senin Besok)

Selain PNS ada belasan jabatan lainnya yang akan menerima gaji ke-13. Mereka adalah
1. Prajurit TNI
2. Anggota Polri
3. PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang ditempatkan atau ditugaskan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
4. PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya.
5. PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri penerima uang tunggu
6. Penerima gaji terusan dari PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri yang meninggal dunia, tewas, atau gugur
7. Penerima gaji dari PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri yang dinyatakan hilang
8. Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim pada semua badan peradilan
9. Staf khusus di lingkungan kementerian
10. Hakim ad hoc
11. Pimpinan LNS, Pimpinan LPP, Pimpinan BLU, dan pejabat lain yang hak keuangan atau hak administratifnya disetarakan atau setingkat Pejabat Pimpinan Tinggi atau Pejabat Administrator atau Pejabat Pengawas
12. Pegawai non-PNS pada LNS, LPP, atau BLU
13. Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
14. Penerima pensiun atau tunjangan
15. Calon PNS.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)