Prabowo Singgung Kelangkaan Pupuk, Ganjar: Sayangnya Beliau Pikniknya Kurang Jauh

Kamis, 14 Desember 2023 - 11:39 WIB
loading...
Prabowo Singgung Kelangkaan Pupuk, Ganjar: Sayangnya Beliau Pikniknya Kurang Jauh
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menilai Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto kurang berkeliling jauh untuk melihat persoalan pangan di Indonesia. Foto/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menilai Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto kurang berkeliling jauh untuk melihat persoalan pangan di Indonesia. Pernyataan itu, sekaligus menjawab pernyataan Prabowo saat debat capres perdana di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 12 Desember 2023.

Dalam debat, Prabowo mengklaim banyak petani yang mengeluh terkait sulitnya mendapatkan pupuk di Jawa Tengah. Ganjar mengatakan permasalahan pupuk tak hanya terjadi di Jawa Tengah.

"Pupuk saya sampai ditanya sama Pak Prabowo di debat kemarin, sayangnya beliau pikniknya saja kurang jauh. Dikiranya itu terjadi di kampung saya saja. Tidak," ujar Ganjar dalam pidato di Rakorpimnas Inkindo, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2023).

Capres yang diusung Partai Perindo itu pun mengaku permasalahan pupuk terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu ia ketahui setelah dirinya berkeliling ke sejumlah daerah.

"Untungnya saya berkeliling ke seluruh Indonesia. Untungnya saya berkeliling. Saya mendengarkan langsung dari pelaku yang ada di paling bawah," tutur Ganjar disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Sebelumnya, Prabowo menyinggung terkait program kesejahteraan kelompok rentan yang disampaikan oleh Capres Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan saat debat capres perdana di KPU, Selasa 12 Desember 2023 malam.

Prabowo mengklaim banyak petani yang mengeluh terkait sulitnya mendapatkan pupuk di Jawa Tengah. Padahal, sudah ada Kartu Tani yang diluncurkan oleh Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Merespons itu, Ganjar menyinggung soal data petani yang tidak pernah beres. Menurutnya, kelangkaan pupuk juga terjadi di sejumlah daerah.

“Tapi untuk Prabowo saya harus mengingatkan Pak, pupuk langka terjadi di Papua Pak. Pupuk langka terjadi Sumatera Utara Pak, pupuk langka terjadi di NTT, NTB Kalimantan Timur termasuk bensin,” kata Ganjar pada Debat Pilpres 2024.

Ganjar juga menyinggung Prabowo Subianto yang pernah menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). “Mungkin Bapak sedikit agak lupa untuk saya bisa mengingatkan karena Bapak pernah menjadi Ketua HKTI.”
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4805 seconds (0.1#10.140)