Melalui Buku Ini, Direktur Indofood Kupas Sistem Pangan Berkelanjutan

loading...
Melalui Buku Ini, Direktur Indofood Kupas Sistem Pangan Berkelanjutan
Direktur Indofood Franciscus Welirang. Foto/Dok Okezone
A+ A-
JAKARTA - Direktur Indofood Franciscus Welirang ternyata juga sangat piawai dalam hal menulis. Di buku berjudul Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan yang segera terbit, pria yang biasa disapa Franky menyumbang tulisan berjudul Sistem Pangan Berkelanjutan Menuju Kemandirian Pangan.

Dalam tulisannya di buku ini, Franky menyatakan dampak dari pandemi Covid-19 sangatlah dahsyat. Sampai dengan kuartal ke II 2020, sepertiga dari populasi dunia ada dalam kondisi “lock down” dan lebih dari 200 negara mengalami dampak kesehatan dan ekonomi luar biasa termasuk di Indonesia.

Dampak juga muncul karena keterbatasan rantai pasok, perdagangan internasional, serta kenaikan biaya, baik ekspor, impor maupun produksi lokal. “Sama pentingnya adalah dampak terhadap kondisi ketahanan pangan dan sistem pangan lokal untuk menyediakan pangan yang terjangkau, tersedia dan memiliki nilai gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar konsumen," katanya..(Baca juga: Jadi Penulis Tamu, AHY Wakili Milenial di Buku tentang Ketahanan Pangan)

Franky pun percaya, pencapaian ketahanan pangan sekaligus ketahanan gizi untuk mencapai iIndividu yang sehat, aktif, produktif dan cerdas seperti amanat Undang Undang Pangan memerlukan spirit gotong royong.



Dalam kolaborasi yang melibatkan semua pemangku kepentingan bersama- sama menggunakan spirit dan fondasi kemandirian pangan. Untuk itu diperlukan revitalisasi sistem pangan nasional yang berkelanjutan.

“Pandemi Covid-19 mengingatkan kita untuk bergotong royong dan 'back to basic' mengingat kita harus tetap berproduksi dan aman. Untuk itu perlu tetap dilakukan usaha pertanian agar tercapai produksi pangan yang cukup dan agar pangan tersedia, terjangkau, namun memiliki produktivitas yang tinggi serta lebih ramah lingkungan sehingga skala ekonomi tercapai secara berkelanjutan,” papar Franky.

Sekadar diketahui, Franky Welirang yang pengusaha sekaligus profesional ini, kini menjabat sebagai Direktur Indofood yang bertanggung jawab memimpin Grup Bogasari dan Divisi Corporate Human Resources.



Dia juga menjabat Wakil Direktur Utama Indocement, Komisaris PT Unggul Indah Cahaya Tbk, Komisaris Utama ICBP, Anggota Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia, Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia, Anggota Dewan Penasihat Nature Conservancy Indonesia, dan Co-Chair Advisory Board Perhimpunan Filantropi Indonesia. Tak hanya itu, peraih diploma di bidang Chemical

Engineering dari South Bank Polytechnic di London, Inggris pada 1974 ini, juga menjabat Sekretaris Jenderal Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture, Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan Kamar Dagang Indonesia, Anggota National Steering Committee Global Environment Fund, Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia, serta Anggota Dewan Penasihat Asosiasi Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia.
(dam)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top