Mahfud MD Ungkap 4 Prasyarat Mutlak Menuju Indonesia Emas 2045

Sabtu, 09 Desember 2023 - 11:20 WIB
loading...
Mahfud MD Ungkap 4 Prasyarat Mutlak Menuju Indonesia Emas 2045
Menko Polhukam sekaligus Cawapres Mahfud MD mengungkap ada empat prasyarat mutlak menuju Indonesia Emas 2045. Foto/MPI/riana rizkia
A A A
BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkap ada empat prasyarat mutlak menuju Indonesia Emas 2045.

Hal itu disampaikan saat Cawapres nomor urut 3 ini saat menghadiri Orasi Ilmiah Wisuda ke-40 Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di Harris Hotel and Convention, Bandung, Sabtu (9/12/2023).

"Tapi saya akan berikan beberapa catatan, prasyarat mutlak mewujudkan Indonesia Emas. Satu kalau pertumbuhan ekonomi rata-rata sejak tahun 2021-2022, pertumbuhan ekonomi rata-rata harus mencapai 6%, baru (bisa mencapai) Indonesia Emas," kata Mahfud.



Namun karena terkendala Covid-19, Mahfud mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat anjlok dan tidak mencapai 6%. "Jadi apa yang terjadi? Kalau Indonesia begitu terus, pertumbuhan ekonomi di bawah 6% maka tidak akan pernah mencapai Indonesia emas," ucapnya.

Untuk mencapai angka tersebut, Mahfud MD menegaskan, harus ada usaha keras termasuk membayar hutang. "Gimana caranya? Ya genjot, dibayar hutangnya ke depan. Misal 2024 dinaikkan 5,7%, kemudian 2025 dinaikan ke 6%, hingga mencapai rata-rata di tahun 2045," katanya.

Prasyarat kedua adalah pemberantasan korupsi. Mahfud menjelaskan, pemerintah tidak boleh main-main dalam memberantas korupsi yang sudah terjadi di berbagai lini. Prasyarat ketiga ialah penegakkan hukum. Menurut Mahfud, semua kesalahan menuju Indonesia Emas terdapat pada penegakkan hukum.



"Hukum ditegakkan, maka seluruh pembangunan selesai 50%. Kan kesalahan semua di hukum, korupsi di bidang ekonomi, di bidang pendidikan, itu pelanggaran hukum, kalau itu diatasi maka yang lain-lain itu lebih ke ad hoc administratif saja," katanya.

Kemudian prasyarat keempat adalah meningkatkan demokrasi berkualitas. Sebab negara Indonesia adalah negara demokrasi, yang berkedaulatan rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)