Fahira Idris Ingatkan Pembagian Sedekah Jangan Mengundang Kerumunan

Kamis, 30 April 2020 - 15:02 WIB
loading...
Fahira Idris Ingatkan Pembagian Sedekah Jangan Mengundang Kerumunan
Foto/Twitter @fahiraidris
A A A
JAKARTA - Masyarakat diminta tidak membagikan sedekah dengan cara mengundang kerumunan orang. Di masa pandemi Covid-19 hal itu membahayakan dan bisa membuka celah penyebaran virus Sars Cov-II. Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Fahira Idris mengatakan niat baik dan tulus bersedekah jangan sampai berbuah malapetaka.

"Pembagian sedekah yang melahirkan kerumunan punya potensi terjadi penyebaran Covid-19 dan sama artinya melanggar aturan PSBB. Saya berharap bagi para dermawan yang berniat bersedekah langsung ke warga mengubah metodenya untuk menghindari kerumunan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (30/4/2020).

Dia menyarankan penyaluran dilakukan melalui badan-badan amal. Alasannya, badan amal mempunyai data yang akurat tentang warga yang membutuhkan bantuan sehingga sedekah menjadi tepat sasaran. Bisa juga dengan mendatangi langsung rumah-rumah orang yang akan disantuni. Para pemberi harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. ( ).

Lebih baik lagi pembagiannya berkoordinasi dengan pengurus rukun tetangga atau warga setempat. Mereka mengetahui betul kondisi ekonomi warganya. "Mereka yang menyalurkan kepada warga masing-masing yang membutuhkan. Paling efektif itu lewat badan-badan amal," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)