Siti Atikoh Pidato Pakai Bahasa Jepang, Disambut Riuh Tepuk Tangan Forum ASJI Annual

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:52 WIB
loading...
Siti Atikoh Pidato Pakai Bahasa Jepang, Disambut Riuh Tepuk Tangan Forum ASJI Annual
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti saat menghadiri acara Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) Annual, Internasional Symposium dan Seminar On Japanese Studies In Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti berpidato dengan berbahasa Jepang dan Inggris dalam acara Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) Annual, Internasional Symposium dan Seminar On Japanese Studies In Indonesia. Pidato ibu Muhammad Zinedine Alam Ganjar itu pun disambut riuh tepuk tangan peserta forum ASJI Annual.

Acara bertemakan "Human Security Issues: Revisiting the Concept of Human Security from the Perspectives of Japan and Indonesia" itu dilaksanakan di Kompleks Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023). Atikoh juga merupakan Dewan Kehormatan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI).

Berdasarkan pantauan, Atikoh hadir dengan menggunakan pakaian batik keemasan yang dipadu kerudung krem kecokelatan yang membuatnya terlihat anggun. Ia duduk satu meja dengan jajaran pengurus ASJI lainnya, termasuk Chairman ASJI Julian Aldrin Pasha hingga Mr Yuichi Takahashi sebagai Director General of Japan Foundation Jakarta.





Satu per satu para tamu yang hadir memberikan sambutannya hingga akhirnya Atikoh diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutannya dalam acara itu. Menariknya, mengawali sambutan Atikoh sengaja menggunakan bahasa Jepang.

Ia menyampaikan merasa sangat senang bisa berkumpul dalam acara tersebut. "Minasan, konnichiwa! Watashitachi wa kyou, koko ni irasshaimashite, ureshii desu! Hajimemashite, Atikoh hingga moushimasu. Kyou wa minna de tanoshiku issho ni sugosou to omotteimasu," kata Atikoh.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, pernyataan Atikoh tersebut bermakna senang sekali bisa bersama Anda semua di sini, aku harap kita berbahagia bersama hari ini.

Sontak Atikoh yang berbahasa Jepang ini mengundang respons riuh dan tepuk tangan para tamu yang hadir dalam acara tersebut. Selanjutnya, Atikoh menyampaikan pidato dengan memakai bahasa Inggris.

Dalam pidatonya, ia menyampaikan senang bisa berbicara dengan tema human security. Ia juga menyinggung eratnya kerja sama antara Indonesia dengan Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)