Beberapa Kriteria untuk Golkar dalam Memilih Ketua DPR Baru

Senin, 01 Januari 2018 - 22:21 WIB
Beberapa Kriteria untuk Golkar dalam Memilih Ketua DPR Baru
Beberapa Kriteria untuk Golkar dalam Memilih Ketua DPR Baru
A A A
JAKARTA - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif dari Indobarometer M Qodari menyatakan, ada beberapa variabel atau kriteria khusus yang bisa dilakukan partai Golkar dalam memilih pengganti Setya Novanto menjabat sebagai ketua DPR.

Salah satu kriterianya tentu berpengalaman lama di DPR. "Untuk mengisi kursi kosong ketua DPR, tentu harus berpengalaman lama di DPR, nama-nama yang disebut tentu sudah veteran, dan senior," kata M Qodari saat dihubungi, Senin (1/1/2018).

Tentu sambungnya, ada kriteria khusus yang diberlakukan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memilih Ketua DPR.

"Pertama adalah sosok yang bisa membawa kondisi internal juga eksternal DPR lebih kondusif baik kedalam maupun keluar, yang berikutnya adalah nama yang dipercayai ketum baru dan personal yang nyaman di mata Presiden," jelasnya.

DPR sambungnya, sebagai mitra pemerintah, tentunya menginginkan hubungan yang harmonis satu sama lain. "Kalau tidak kompak tidak nyaman akan merepotkan. Ini yang penting, karena keinginan ketua Golkar dan kenyamanan Presiden, siapa namanya hanya ketum yang tahu dan yang cocok sendiri," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4202 seconds (0.1#10.140)