Panglima: TNI Akan Terus Cetak Wanita Penerbang Pesawat Militer

Jum'at, 29 Desember 2017 - 22:31 WIB
Panglima: TNI Akan Terus Cetak Wanita Penerbang Pesawat Militer
Panglima: TNI Akan Terus Cetak Wanita Penerbang Pesawat Militer
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan booth atau tempat koleksi foto dua perintis penerbang Wanita Angkatan Udara (Wara), masing-masing atas nama Herdini dan Lulu Lugiyanti di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdrila), Kompleks Lanud Adisutjipto,Yogyakarta, Jumat (29/12/2017).

Selain bentuk apresiasi atas dedikasi kedua penerbang pertama Wara tersebut, koleksi tersebut sebagai bukti kepada dunia luar bahwa pada tahun 1964 Indonesia mampu mendidik dan menghasilkan penerbang militer wanita di jajaran TNI AU dan khususnya TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, penerbang militer wanita bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, namun sebagai bentuk dari emansipasi.

Dia menilai hal tersebut membuktikan wanita juga mampu duduk di beberapa pos operasi, termasuk menjadi penerbang pesawat militer. “Karena itu, mereka mendapatkan wing operasi dan dalam setelah lulus dari Sekbang, mereka selalu diikutkan dalam operasi militer, seperti di Kalimantan dan operasi yang lain,” kata Hadi usai peresmian.

Menurut Hadi, apa yang sudah ditunjukkan Herdini dan Lulu Lugiyanti bisa menjadi pelecut dan motivasi bagi Wara dalammeraih prestasi tertinggi di kemiliteran. Baik sebagai penerbang maupun di bagian lain. “Setelah dua Wara itu, sekarang telah ada empat Wara yang menjadi penerbang militer” tandasnya.

Panglima menegaskan TNI akan terus mendidik wanita untuk menjadi penerbang militer. Dia mengharapkan akan melahirkan penerbang tempur yang diawaki Wara.

Seperti saat ini, ada dua lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) lulusan 2017 yang mengikuti sekolah penerbang (Sekbang). “Kami berharap mereka bisa memenuhi syarat menjadi pilot pesawat tempur,” tandasnya

Herdini mengatakan menjadi penerbang militer merupakan panggilan jiwa sehingga saat menjalankan tugas dilaksanakan dengan senang hati. Untuk itu, dia mengharapkan Wara dapat menjadi penerbang militer yang andal. “Itu harapan dan cita-cita saya,” ungkap Herdini.

Herdini mengaku banyak pengalaman yang tidak bisa dilupakan saat
menjadi penerbang pesawat militer.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)