Jokowi Serahkan 10.350 Sertifikat Tanah kepada Warga Jawa Tengah

Sabtu, 23 Desember 2017 - 17:51 WIB
Jokowi Serahkan 10.350 Sertifikat Tanah kepada Warga Jawa Tengah
Jokowi Serahkan 10.350 Sertifikat Tanah kepada Warga Jawa Tengah
A A A
SEMARANG - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 10.350 kepada warga Jawa Tengah (Jateng) di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Sabtu (23/12/2017). Secara bersamaan juga diserahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di Bengkulu, Yogyakarta, Padang, dan Bau-bau.

Presiden Jokowi mengatakan, di seluruh Indonesia seharusnya ada 126 juta bidang tanah yang harus bersertifikat. Tahun lalu, baru selesai 46 juta, sehingga masih ada sekitar 80 juta yang belum bersertfikat.

"Kalau prosesnya masih seperti yang dulu-dulu, hanya 500 ribu yang disertifikat setiap tahun bisa 120 tahun baru selesai," ujarnya di lokasi.

Jokowi menargetkan, setiap tahun setidaknya 10 juta bidang tanah selesai disertifikasi, karena hal itu merupakan hak masyarakat. Dia pun meminta seluruh pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerja siang malam untuk menyelesaikan target yang saya tentukan.

"Saya tidak mau ditawar, kenapa ini harus diberikan, karena setiap ke daerah, keluhannya selalu yang banyak adalah sengketa tanah, sengketa lahan karena mereka tidak memegang tanda bukti hak atas tanah. Saya perintahkan, ini tugas menteri untuk menyelesaikannya, " jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat untuk disimpan dengan baik. Jika digunakan untuk jaminan ke bank, orang nomor satu di Indonesia ini meminta untuk digunakan kredit produktif, bukan konsumtif.

"Saya tahu, kalau sudah pegang sertifikat pasti inginnya disekolahkan atau diagunkan ke bank, kalau mau diagunkan silakan, hanya saya titip kalau mau dipakai jaminan bank, tolong, dihitung dulu bisa mencicil setiap bulan ndak, kalau tidak sebaiknya jangan. Gunakanlah untuk hal produktif, modal kerja, investasi agar usaha menjadi baik," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9150 seconds (0.1#10.140)