Cerita Ganjar soal Bencana di Donggala: Penting Kita Menyusun Program Mitigasi

Senin, 04 Desember 2023 - 20:11 WIB
loading...
Cerita Ganjar soal Bencana di Donggala: Penting Kita Menyusun Program Mitigasi
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Donggala, Senin (4/12/2023) sore. Ia pun merasa terkesan kembali setelah bencana alam beberapa tahun lalu. Foto/Achmad Al Fiqri/MPI
A A A
DONGGALA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/2023) sore. Ia pun merasa terkesan kembali datang Kabupaten Donggala setelah bencana alam beberapa tahun lalu.

Ia mengakui, sudah kali ketiga datang ke Donggala setelah bencana gempa bumi dan likuifikasi beberapa tahun lalu di Sulawesi Tengah. Capres yang didukung Partai Perindo itu pun terkesan, saat seluruh warga gotong royong membantu korban terdampak bencana.

"Saya masih ingat betul di sini, karena kawan-kawan kemudian bereaksi, lebih khusus kawan-kawan dari Jawa Tengah, ada dari pemda ya, ada dari PMI, ada dari Baznas, guru-guru siswa-siswa, mereka iuran dan kemudian 'Pak kita bangunin sekolah yok'. Akhirnya delapan sekolah berhasil kita resmikan dan satu rumah ibadah, masjid waktu itu," jelas Ganjar.



Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pun mengaku terkesan, saat bantuan itu datang. Apalagi, ia mengaku tak bisa membayangkan situasi saat itu. "Pasti kalau kita mengalami ini yang juga banyak orang yang saya yakin tidak siap," tuturnya.

Kendati demikian, Ganjar merasa sangat penting untuk menyusun program mitigasi bencana. "Penting ketika kita menyusun program kemudian memitigasi soal kebencanaan ini," kata Ganjar.

"Ini juga menjadi concern kami bagaimana Indonesia yang menjadi laboratorium bencana ini betul-betul dipersiapkan dengan perencanaan yang baik dan masyarakat," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)