Ganjar ke Generasi Muda Palu soal Lapangan Pekerjaan: Pendidikan dan Keterampilan Harus Cukup

Senin, 04 Desember 2023 - 17:56 WIB
loading...
Ganjar ke Generasi Muda Palu soal Lapangan Pekerjaan: Pendidikan dan Keterampilan Harus Cukup
Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo saat dialog dengan pemuda Sulteng di Cafe Tanaris, Kota Palu, Senin (4/12/2023). Foto/Achmad Al Fiqri/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menerima aspirasi soal anak muda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, meskipun sumber banyak perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam (SDA) di daerah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurutnya, hal itu bisa diatasi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Oleh karena itu, Ganjar berkomitmen untuk mendorong peningkatan SDM dalam visi-misinya sebagai capres dalam Pilpres 2024.

"Tadi dikatakan 'Oh di Sulteng banyak sekali pertambangan tapi tidak bisa bekerja'. Satu, kamu harus meyakinkan bahwa kamulah orang yang bisa mengisi itu. Artinya pendidikan dan keterampilan harus cukup," ucap Ganjar seusai dialog dengan pemuda Sulteng di Cafe Tanaris, Kota Palu, Senin (4/12/2023).



Ganjar menyakini potensi besar pemuda Sulteng untuk menjadi tulang punggung pembangunan di daerahnya sendiri, terlebih Sulteng memiliki SDA yang melimpah.

Untuk mencapai hal itu, Ganjar menekankan bahwa, sumber daya manusia yang berkualitas perlu disiapkan sesuai dengan karakteristik dan potensi lokal, sehingga bisa menjadikan pemuda sebagai tuan rumah di negerinya sendiri.

"SDM meski disiapkan sesusai dengan lokalitas atau potensi lokal yang ada di daerah, dan kalau SDM-nya bagus, pasti dia akan jadi tuan rumah di negerinya sendiri," tegasnya.

Sementara itu, Ganjar mendapatkan pujian dari pemuda Sulteng, salah satunya Rahman Musa. Ia memuji Ganjar yang memperhatikan peningkatan SDM bagi anak muda, terutama dalam menyiapkan bonus demografi di Indonesia.

"Ada juga anak muda yang jadi (cawapres) wapres lewat jalur keluarga. Tetapi itu tidak masalah, saya tidak ingin kritik calon lain karena calon terbaik ada di depan kita," ucap Rahman.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)