Gempa M7,5 Guncang Pulau Sangihe Sulut, BMKG: Subduksi Lempeng Laut ke Bawah Pulau Mindanao Filipina

Sabtu, 02 Desember 2023 - 23:49 WIB
loading...
Gempa M7,5 Guncang Pulau Sangihe Sulut, BMKG: Subduksi Lempeng Laut ke Bawah Pulau Mindanao Filipina
Gempa Magnitudo (M) 7,5 mengguncang Pulau Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (2/12/2023) malam. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
PULAU SANGIHE - Gempa Magnitudo (M) 7,5 mengguncang Pulau Sangihe , Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (2/12/2023) malam. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,53° LU; 126,59° BT atau tepatnya berlokasi di laut 420 km Barat Laut Pulau Karatung, Sulawesi Utara pada kedalaman 56 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang dipicu aktivitas Subduksi Lempeng Laut Filipina ke bawah Pulau Mindanao, Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.



Gempa bumi berdampak dengan skala III MMI di Naha, Sulut. Dia memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Daryono.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)