Taiwan Bekerja Sama dengan Dunia Menuju Masa Depan Nol Bersih

Rabu, 29 November 2023 - 13:07 WIB
loading...
A A A
Untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan mengurangi polusi udara dan emisi karbon, pemerintah akan terus memaksimalkan pengembangan energi ramah lingkungan dan energi berorientasi masa depan serta lebih meningkatkan efisiensi energi.

Melalui upaya-upaya ini, bersama dengan langkah-langkah pelengkap seperti mengembangkan penyimpanan energi yang terdiversifikasi dan memperkuat ketahanan jaringan listrik, Taiwan siap mencapai transisi energi.

Seiring dengan semakin banyaknya negara yang berkomitmen terhadap emisi nol bersih, Taiwan telah melakukan reformasi struktural untuk mengonsolidasikan otoritas lingkungan hidup dan memperkuat kapasitas administratif.

Pada Agustus 2022, Badan Perlindungan Lingkungan direstrukturisasi dan ditingkatkan menjadi Kementerian Lingkungan Hidup (Ministry of Environment/MOE). Badan Perubahan Iklim yang baru dibentuk bertugas mengoordinasikan upaya untuk merespons perubahan iklim dan mengurangi gas rumah kaca. Hasil penelitian ilmiah mengenai perubahan iklim dan pelaksanaan aksi adaptasi telah dipublikasikan dalam laporan Komunikasi Adaptasi.

Taiwan juga membentuk tim interdisipliner untuk menyusun Rencana Aksi Adaptasi Perubahan Iklim. Inisiatif ini mempromosikan solusi berbasis alam dan memberdayakan kelompok rentan. Upaya-upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Taiwan secara keseluruhan dalam menanggapi perubahan iklim, melindungi keselamatan publik, dan mendorong pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Lebih dari 70% sumber daya Taiwan diperoleh melalui impor. Namun pada 2022, tingkat daur ulang sampah kota mencapai 59,5% dan tingkat penggunaan kembali sampah industri naik menjadi 86,5%.

Melalui Badan Sirkulasi Sumber Daya yang baru dibentuk di bawah Kementerian Pendidikan, fokus sebelumnya pada pengendalian polusi telah beralih ke pengembangan sirkulasi sumber daya secara keseluruhan, peningkatan efisiensi tata kelola lingkungan, pengembangan ekonomi sirkular, dan pengenalan konsep nihil limbah.

Berdasarkan landasan kokoh yang ada, Taiwan telah merumuskan tiga strategi sirkulasi. Ketiganya yakni, menggunakan desain ramah lingkungan untuk pengurangan sampah pada sumbernya, mendaur ulang dan menggunakan kembali sumber daya, serta menyeimbangkan dan mengelola kapasitas pengolahan sampah.

Jaringan sirkular yang berfungsi dengan baik akan tercipta melalui koordinasi dengan industri hulu, tengah, dan hilir. Taiwan juga mengembangkan teknologi dan sistem inovatif untuk mendukung sirkulasi sumber daya dan mempercepat kemajuan menuju visi nol limbah dan emisi nol bersih.

Taiwan adalah negara dengan perekonomian yang berorientasi ekspor. Operasi bisnisnya sangat dipengaruhi oleh kondisi dan peraturan internasional. Dengan adanya tren global terhadap mekanisme penyesuaian batas karbon dan persyaratan rantai pasokan ramah lingkungan, pemerintah telah membentuk mekanisme koordinasi antarkementerian untuk membantu perusahaan memahami dan mengurangi kandungan karbon dalam produk mereka dan mendorong sistem penetapan harga karbon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)