Salurkan Bantuan Laptop, Ditjen Politik PUM Kemendagri Ungkap Pentingnya Pelayanan

Rabu, 29 November 2023 - 12:12 WIB
loading...
Salurkan Bantuan Laptop, Ditjen Politik PUM Kemendagri Ungkap Pentingnya Pelayanan
Diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum, di Four Points Hotel Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah pusat terus melakukan pembahasan isu-isu strategis pelaksanaan urusan pemerintahan umum di daerah. Hal ini pun dilakukan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam upayanya tersebut, Ditjen Politik dan PUM Kemendagri menyelenggarakan Diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum, di Four Points Hotel Makassar, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 28 November 2023.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas implementasi urusan Pemerintahan Umum di Daerah, Kemendagri melalui Ditjen Politik dan PUM terus berinovasi, salah satunya dengan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan digitalisasi layanan.

Dalam laporannya Plh Direktur Kewaspadaan Nasional/Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Ditjen Politik dan PUM, Andi Baso Indra menyampaikan, Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjadi landasan hukum, khususnya Pasal 25 yang mengatur Urusan Pemerintahan Umum di Daerah.

"Dalam konteks ini, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Urusan Pemerintahan Umum diimplementasikan untuk memudahkan pemantauan perkembangan dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum di Daerah," ujar Andi dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Andi Baso menyerahkan Bantuan Pemerintah berupa satu Unit Laptop kepada 38 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Provinsi di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung dan menunjang pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum di Daerah.

"Seiring dengan langkah tersebut, digitalisasi pada Badan Kesbangpol turut menjadi fokus, dengan pengembangan 8 sistem informasi. Ini bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan proses pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum di seluruh lapisan pemerintahan, dari pusat hingga daerah," jelasnya.

Andi Baso Indra juga mengatakan, sebanyak 250 peserta telah hadir dalam kegiatan ini dengan menghadirkan seluruh perwakilan Badan Kesbangpol Provinsi di seluruh Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai efisiensi dan efektivitas pelayanan publik.

Kemudian dalam sambutannya Plh. Direktur Jenderal Politik dan PUM, Kemendagri, Togap Simangunsong menekankan, pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yang akan datang.

Dalam konteks persiapan Pilkada dan Pemilu serentak tahun 2024, Beliau menyoroti stabilitas politik dan pendidikan politik sebagai fokus utama Ditjen Politik dan PUM Kemendagri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)