KPU Undang Timses hingga Akademisi Bahas Metode dan Mekanisme Debat Capres Besok

Selasa, 28 November 2023 - 23:11 WIB
loading...
KPU Undang Timses hingga Akademisi Bahas Metode dan Mekanisme Debat Capres Besok
KPU mengundang akademisi hingga timses untuk membahas penyelenggaraan debat Capres-Cawapres di Pemilu 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengadakan rapat bersama sejumlah pihak untuk membahas penyelenggaraan debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres Cawapres). Rapat tersebut akan berlangsung di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Novemeber 2023 besok.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya bakal membahas soal metode dan mekanisme debat. Pihak yang akan diundang mulai dari masyarakat sipil, jurnalis, akademisi, LSM dan kalangan pemerintahan.

"Di dalam UU pemilu itu sudah ditentukan topik besar yang menjadi bahan untuk kampanye metode debat. Lalu kedua, metode debat seperti apa dan durasinya yang tepat seperti apa. Itu akan dibahas pagi hari," kata Hasyim saat konferensi pers di kantor KPU RI, Selasa, (28/11/2023).



Lalu, pada sore, KPU akan mengundang tim pemenangan masing-masing capres dan cawapres. Rapat tersebut KPU akan menyampaikan hasil pembahasan di pagi harinya. "Kemudian darisana kami akan ambil rincian atau topik yang akan dijadikan bahan debat," katanya.

KPU juga akan menyampaikan metode dan usulan soal panelis yang dianggap ahli dalam bidangnya untuk debat Capres. "Sehingga dalam merumuskan problematika yang dijadikan bahan untuk debat terkonfirmasi dengan baik," jelasnya.



Sebelumnya diberitakan, KPU tengah menyusun mekanisme dan jadwalnya pelaksanaan debat capres. Nantinya akan ada lima sesi debat capres. "Sampai akhir 2023 itu dua kali kemudian di awal tahun sampai nanti jelang akhir masa kampanye itu tiga kali," ujar Komisioner KPU August Mellaz, Kamis, 23 November 2023.

Mellaz menjelaskan debat capres akan dilakukan dengan lima tema yang berbeda-beda. Kemungkinan, kata dia debat capres akan dimulai pada pertengahan Desember 2023. "Kami punya rencana nanti satu di Jakarta, yang empat kalau bisa di luar Jakarta biar diputer mulai dari ujung Indonesia, barat, tengah seperti itu," jelasnya.

Diketahui, saat ini terdapat tiga pasangan yang telah resmi menjadi capres-cawapres sudah mendapatkan nomor urut. Nomor urut 1 yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN), nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto - Gibran Raka Buming dan nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Masa kampanye berlangsung mulai hari ini, Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 kemudian dilanjutkan, pencoblosan pada 14 Februari 2024.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)