Guru, Ujung Tombak Perubahan

Sabtu, 25 November 2023 - 05:52 WIB
loading...
A A A
Nah, hal ini harus disikapi oleh negara dengan membuat sistem pendidikan yang tepat berbasis riset bukan slogan yang isinya cuma gonta-ganti kurikulum pembelajaran.

Oleh karenanya, menurut saya, dua hal di atas (kesejahteraan dan kemampuan guru) harus dijalankan secara bersamaan. Keduanya menjadi elemen penting dalam mencetak sumber daya manusia prokduktif yang hasilnya akan kita petik di Indonesia Emas 2045 mendatang. Sistem pendidikan harus mejandikan guru sebagai agen perubahan bukan melakukan kesalahan yang diulang-ulang.

Pentingnya Peran Guru

Bahkan, di dunia yang sangat modern ini, peran guru masih sangat vital untuk sebuah peradaban. Ya, guru adalah ujung tombak sekaligus ujung tembok dalam dunia pendidikan. Bahkan, kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh seberapa jauh peran gurunya.

Kala Kota Hirosima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom—untuk menyebut contoh—orang pertama yang dikumpulkan adalah guru. Kaisar pada waktu itu memerintahkan untuk mengumpulkan jumlah guru yang selamat dari ganasnya bom atom yang meluluhlantakkan kedua kota tersebut.

Apa yang dilakukan oleh Kaisar Jepang menggambarkan bahwa membangun bangsa harus dimulai dari membangun pendidikannya terlebih dahulu. Hasilnya, lihatlah Jepang hari ini dengan kemajuan dan karakternya yang sangat kuat.

Di Indonesia pun demikian, guru adalah komponen penting untuk mencapai puncak kemajuan bangsa. Sebagaimana dikatakan oleh Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara; guru adalah pejuang, tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa.

Dengan demikian, nilai-nilai luhur dalam dunia pendidikan harus menjadi pegangan kita semua. Sebagaimana semangat yang ditelurkan oleh Ki Hajar Dewantara, menyediakan pendidikan yang merata untuk mencetak generasi-generasi hebat penerus bangsa. Guru sebagai pilar utama pembangunan sumber daya manusia harus kita hormati. Dan, untuk mendukung perannya, perbaikan sistem pendidikan harus terus disuarakan.

Oleh karenanya, di Hari Guru Nasional ini, mari kita jadikan ruang refleksi bersama untuk terus mensyukuri apa yang telah dilakukan oleh guru terhadap negeri ini. Pun, kita semua harus menyatukan komitmen untuk terus mendukung pendidikan di Indonesia yang berkualiatas.

Guru adalah agen perubahan dan pendidikan adalah investasi masa depan sebuah peradaban. Selamat Hari Guru, terima kasih atas segala jasa-jasa besarmu yang tak terhingga untuk negeri tercinta; Indonesia. Tanpa perjuanganmu, kami bukan siapa-siapa. Sekali lagi, terima kasih sudah mewakafkan diri untuk berjuang dan berkhidmat mencerdaskan bangsa.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)