Hakim MK Bahas Gugatan Anwar Usman Paman Gibran di RPH

Sabtu, 25 November 2023 - 00:44 WIB
loading...
Hakim MK Bahas Gugatan Anwar Usman Paman Gibran di RPH
Mantan Ketua MK Anwar Usman menggugat Ketua MK yang baru Suhartoyo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menggugat Ketua MK yang baru Suhartoyo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Hakim konstitusi Enny Nurbaningsih pun angkat bicara mengenai hal tersebut.

Pihaknya segera menyampaikan atau membahas gugatan yang dilayangkan paman Gibran Rakabuming Raka kepada Suhartoyo melalui Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH), Senin (27/11/2023).

"Saya sampaikan terlebih dulu dalam RPH hari Senin untuk tindak lanjutnya," ujar Enny, Jumat (24/11/2023).



Anwar Usman kembali melakukan manuver terkait putusan MKMK yang telah mencopotnya dari jabatan ketua MK. Setelah mengajukan keberatan atas pengangkatan Suhartoyo sebagai ketua MK, paman Gibran itu kini menggugat ke PTUN.

Menurut Enny, pihaknya belum mendapat informasi resmi dari PTUN. Sebelumnya diberitakan, Anwar Usman mengajukan keberatan atas pengangkatan Suhartoyo sebagai ketua MK. Surat keberatan telah disampaikan pada 15 November 2023.

Enny mengatakan, surat tersebut disampaikan Anwar Usman melalui tiga kuasa hukumnya. Gugatan Anwar kepada Suhartoyo dibahas di RPH. Dalam RPH, paman Gibran tidak hadir.

Diketahui, Suhartoyo terpilih sebagai ketua MK yang baru menggantikan Anwar Usman karena paman Gibran itu dikenakan sanksi pencopotan oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada Selasa (7/11/2023).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)