Mahfud MD Tegaskan Tidak Akan Jadi Wapres Cadangan Jika Terpilih di Pilpres 2024

Kamis, 23 November 2023 - 11:35 WIB
loading...
Mahfud MD Tegaskan Tidak Akan Jadi Wapres Cadangan Jika Terpilih di Pilpres 2024
Cawapres Mahfud MD saat menjadi pembicara dalam acara MNC Forum ke-73 dengan tema Penegakan Hukum: Jembatan Menuju Indonesia Emas 2024, di iNews Tower, Jakarta, Selasa (21/11/3023). FOTO/MPI/AZIZ INDRA
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD meminta ke pada calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tidak menjadikan dirinya hanya sebagai cadangan apabila terpilih di Pilpres 2024 nanti.

Mahfud mengaku tidak ingin hanya mendampingi, tapi juga bisa fokus pada beberapa persoalan seperti masalah hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Hal itu telah disampaikan langsung oleh Mahfud MD kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ketika ditawari menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Megawati kemudian sepakat, Mahfud akan mengurusi soal masalah penegakan hukum ketika terpilih nanti.



"Sudah diputuskan Pak Mahfud nanti akan ngurusi masalah hukum, pelanggaran HAM, korupsi, birokrasi yang masih carut marut ini, aparat penegak hukum polisi, jaksa, dan juga macam-macam. Terus saya bilang, Bu saya tanda tangan ya ini, bahwa saya akan menjadi (cawapres)," kata Mahfud MD menirukan pembicaraannya dengan Megawati, Rabu (22/11/2023).

Mahfud kemudian menjelaskan kepada Megawati, bahwa dirinya akan menyampaikan hal serupa kepada Ganjar Pranowo selaku capres pasangannya. Profesor hukum ini menyebut dirinya tidak ingin hanya menjadi sosok wakil presiden yang tugasnya tidak tahu ke mana arahnya.

"Tapi saya mohon izin, saya bilang, kalau nanti saya jadi Wapres, saya akan minta ke Pak Ganjar berdasarkan tugas ini, saya akan fokus ke sini. Jangan sampai wapres itu hanya jadi cadangan yang tidak jelas tugas apa yang dilakukan," tegas Mahfud.



Mahfud MD juga sempat menyampaikan hal yang serupa ketika menggelar safari politik di Madura, Jawa Timur, pada hari Sabtu (18/11/2023). Kehadiran Mahfud MD di Madura disambut oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat lokal, mahasiswa, ulama, hingga para kelompok relawan.

Pria kelahiran Kabupaten Sampang ini mengaku mendapatkan sejumlah pertanyaan dari masyarakat, mahasiswa serta organisasi masyarakat tentang penegakan hukum di Indoensia jika dirinya nanti terpilih menjadi Cawapres.

"Jawaban saya singkat, kita tegak lurus dalam penegakan hukum dan keadilan. Tidak ada istilah pejabat cadangan, yang ada ambil peran dalam penegakan hukum dan keadilan. Di mana saja, sebagai orang Madura, selama saya dikasih kekuasaan, maka saya akan terus menegakkan hukum dan keadilan," kata Mahfud pada kesempatan tersebut.

Ia kemudian memastikan, penegakan hukum akan terus dilakukan apabila nantinya dirinya tidak jadi penguasa. "Penegakan hukum tidak pandang status penguasa atau tidak, itu harus tetap dijalankan," tegas Mahfud MD.

Komitmen Mahfud MD untuk terus aktif dan berperan dalam penegakan hukum menunjukan karakternya sebagai Pendekar Hukum adalah nyata. Sebagai cawapres, Mahfud akan memiliki peran yang penting dalam penanganan hukum di Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)