6 Fakta Menarik Panglima TNI Agus Subiyanto, Pernah Ditolak Jadi Satpam

Rabu, 22 November 2023 - 16:12 WIB
loading...
A A A
Setelah itu Agus kembali mengikuti tes masuk Akabri di tahun 1988. Tepatnya dua tahun setelah gagal mengikuti tes di Sekolah Calon Bintara Kodam III/Siliwangi.

4. Lulusan Terbaik Kedua di AKABRI


Setelah kurang lebih tiga tahun menjalani masa pendidikan, Agus akhirnya dinyatakan lulus dari sekolah militer tersebut pada 1991.

Kala itu, Agus sempat lulus dengan prestasi yang cukup membanggakan. Dia berhasil jadi lulusan dengan nilai terbaik kedua se-Jawa Barat.

5. Pernah Jadi Komandan Paspampres Presiden Joko Widodo


Setelah bertahun-tahun menjalani karier di militer, Agus telah beberapa kali menduduki sejumlah jabatan strategis. Sebut saja seperti Komandan Korem, Panglima Kodam, hingga Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

Salah satu posisi yang cukup mencolok adalah ketika dirinya sukses duduki jabatan Komandan Paspampres di tahun 2020 pada masa kepresidenan Joko Widodo. Ini menjadikannya sebagai Danpaspampres di era Jokowi yang sukses jabat jadi Panglima setelah Jenderal TNI Andika Perkasa.

6. Perjanan Luar Biasa di 2023


Tahun 2023 bisa dibilang sebagai tahun emas bagi Jenderal Agus Subiyanto. Bagaimana tidak, pada tahun ini dirinya berhasil duduki posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan Panglima TNI.

Agus dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAD pada 25 Oktober 2023. Dia menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki usia pensiun. Sebelumnya, dia sempat menjabat sebagai Wakasad sejak 4 Februari 2022.

Baru beberapa hari menjadi KSAD, Agus kembali mendapat promosi jabatan dari Jokowi untuk menjadi Panglima TNI pada 31 Oktober 2023. Hingga akhirnya Agus terpilih dan dilantik sebagai Panglima TNI pada 22 November 2023.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)